≡ Menu

Tutorial Mematikan Service ICMP pada Windows 7

ICMP adalah sebuah program atau service yang digunakan untuk melakukan PING ataupun menerima PING. Jika pengguna pernah mengetahui tentang program bernama Netcut yang digunakan untuk memotong Koneksi WiFi, program tersebut menggunakan service ICMP untuk melakukannya dan hanya saja untuk menerapkan hal tersebut tidak hanya sekali saja, namun ratusan kali supaya membuat target menjadi tidak bisa terkendali akibat menerima paket yang sangat banyak dari sesama pengguna. Lalu terdapat program lain yang menyebutkan anti netcut atau ARP Spoof, hal tersebut juga melakukan block ICMP saat ini dan hanya untuk sementara.

Walau tidak memakai program bantuan, pengguna masih bisa mematikan proses ICMP tersebut secara manual, yaitu dengan bantuan fitur Firewall yang ada pada Windows. Saat ini Saya hanya akan membagikan khusus untuk Windows 7 saja dan ini sangatlah mudah sekali. Koneksi WiFi tidak semuanya berbahaya, namun memang kebanyakan sangat berbahaya dan pengguna membutuhkan sebuah perantara seperti VPN supaya data tidak akan hilang akibat pencurian yang menggunakan metode ARP Poisoning, hal tersebut juga menggunakan service ICMP supaya bisa menjadikan target terken gateway palsu, dimana IP gateway tersebut bisa mendapatkan data yang diinginkan ketika target melakukan browsing.

Service ICMP ini tidak seharusnya dimatikan selamanya karena masih dibutuhkan untuk bermain game LAN. Jadi akan lebih baik dimatikan ketika menggunakan koneksi WiFi saja supaya tetap aman dan nyaman ketika menggunakan. Selama service ICMP ini dimatikan, orang lain yang mencoba untuk melakukan PING ke IP pengguna saat ini akan diblokir, dengan maksud seolah itu gagal. Sama halnya dengan mematikan service ICMP yang ada pada router itu sendiri untuk mencegah penyedotan bandwidth WiFi yang terus-menerus.

Service ICMP ini terbagi dari 2 bentuk, yakni ICMPv4 dan ICMP6, penjelasan singkatnya hampir sama seperti IPv4 dan IPv6 dan hanya berbeda penggunaan saja. Sebelum membahas tata caranya, disini Saya tidak akan mematikan fitur ICMP untuk outbound, namun inbound, jadi pengguna masih bisa melakukan ping ke IP/Host manapun, namun orang lain maupun bot tidak akan bisa melakukan ping ke IP pengguna saat ini. Baik, berikut ini tata cara mematikan service ICMP pada Windows 7.

  1. Pertama – tama silahkan Hidupkan PC dan langung saja klik START dan ketik “Windows Firewall with Advanced Security” dan ENTER.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  2. Maka akan tampil sebuah popup, dan silahkan klik pada menu Inbound Rules.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  3. Sekarang akan ditujukan pada proses yang telah dihidupkan dan dimatikan oleh Windows, langsung saja klik menu New Rule yang ada dibagian kanan atas.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  4. Akan muncul sebuah popup, dan beberapa pilihan, silahkan pilih pada bagian Custom. Lalu klik Next.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  5. Selanjutnya silahkan pilih All Program dan klik Next.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  6. Sekarang perhatikan pada bagian Protocol Type, silahkan pilih sebagai ICMPv4 dan klik tombol Next.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  7. Untuk bagian ini, akan tampil 2 pilihan dengan kolom besar, silahkan pilih sebagai Any IP Address pada kedua pilihan yang tersebut dan klik Next.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  8. Sekarang saatnya untuk memblokir servicenya, dengan cara memilih pada bagian Block the connection dan klik Next.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  9. Kemudian akan tampil pilihan lagi, silahkan centang semuanya yaitu Domain, Private, dan Public dan klik Next.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  10. Tahap terakhir, silahkan isikan nama untuk Rule ini, silahkan isikan saja ICMPv4 Block dan klik Finish.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

  11. Masih belum selesai, sekarang pengguna lakukan kembali persis seperti ini, hanya saja pada bagian Protocol Type silahkan isikan ICMPv6.

    Mematikan service ICMP pada Windows 7

Terlihat banyak sekali yang harus dilakukan, tapi itu hanya jika dilihat saja. Dan ketika pengguna mencoba cara diatas langsung pasti akan sangat sederhana dan bisa dipahami seterusnya. Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan ke semula? Sangat mudah sekali, pengguna cukup menghapus kedua Rule yang tadi dibuat yaitu ICMPv4 dan ICMPv6 dan setelah itu pasti akan bisa digunakan lagi untuk menerima paket dari IP lain.

Cara ini sangatlah aman untuk digunakan asalkan mengikuti petunjuk diatas dengan benar, yang paling penting mematikan ICMP ini ada pada bagian Inbound Rules, sebab jika melakukannya pada Outbond Rules, maka pengguna tidak akan bisa melakukan PING ke host apapun. Sebenarnya ICMPv4 saja sudah cukup, namun untuk membuatnya lebih baik lagi sebaiknya mengaktifkan ICMPv6 juga. Dengan begini koneksi WiFi pasti tidak akan ada yang mengganggu lagi menggunakan Netcut dan bisa terhindar dari mata-mata yang menggunakan alat untuk mendapatkan data login pengguna. Mungkin beberapa orang tidak akan percaya apakah koneksi WiFi ini bisa disadap, tapi hal tersebut memang bisa dilakukand dengan bantuan program, bahkan pada ponsel smartphone seperti Android juga bisa melakukan penyadapan koneksi WiFi secara mudah dengan aplikasi sejenis DroidSheep.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment