≡ Menu

Cara Membuat File ZIP di Linux Melalui Terminal

Cara Membuat File ZIP di Linux Melalui Terminal

Format ZIP dalam sebuah file dikenal sebagai berkas arsip yang kegunaannya untuk menyimpan berbagai macam file menjadi satu. Selain ZIP, juga ada RAR, TAR, GZ, dan masih banyak lagi. Hanya saja kebanyakan orang lebih mengenal baik terhadap format ZIP ini.

Membuat file ZIP di Linux dapat dilakukan dengan cepat melalui terminal. Tak hanya membuatnya saja, akan tetapi meng-extractnya pun juga bisa cepat dengan mengetikkan perintah saja. Dan artikel ini akan menunjukkan tutorialnya.

Install ZIP dan UNZIP di Linux

Proses memasangnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan melalui Terminal. Silakan gunakan perintah dibawah ini sesuai dari OS yang digunakan sekarang.

Ubuntu dan Debian

sudo apt-get install zip unzip -y

CentOS, Fedora, dan Redhat

sudo yum install zip unzip -y

SUSE

zypper install zip unzip -y

Hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, paket ZIP dan UNZIP sudah berhasil dipasang dan siap untuk digunakan. Sekarang kamu bisa mulai untuk mencoba mengarsipkan beberapa file atau folder menjadi satu.

Membuat File ZIP di Linux

Sebagai contoh, disini Saya ingin mengompres dua file bernama contoh1.txt dan contoh2.txt. Berikut ini perintahnya:

zip hasil.zip contoh1.txt contoh2.txt

Jadi nantinya akan terbuat file bernama hasil.zip yang didalamnya adalah kedua contoh nama file diatas tadi.

Mengarsipkan Seluruh File Didalam Folder

Jika contoh diatas tadi hanya untuk mengarsipkan file saja, namun ada sedikit tambahan jika ingin mengarsipkan folder beserta file-file yang ada didalamnya. Yakni hanya perlu menambah perintah atau attribut -r.

Sebagai contoh disini Saya ingin mengarsipkan folder bernama HTDOCS beserta seluruh isi didalamnya. Berikut ini perintahnya:

zip -r hasil.zip HTDOCS

Membuat File ZIP dengan Password

Hanya perlu sedikit attribut lagi untuk bisa menambahkan password pada file ZIP yang akan dibuat, berikut ini contoh perintahnya.

zip -p KataSandi hasil.zip contoh.txt

Teks KataSandi diatas hanyalah sebagai contoh, silakan ubah sesuai password yang ingin digunakan.

Baca juga: Cara Membuat File TAR.GZ pada Windows

Meng-extract File ZIP di Linux

Sebenarnya ini sama mudahnya seperti membuatnya. Untuk mengeluarkan atau meng-extract file ZIP, kamu bisa menggunakan perintah UNZIP seperti dibawah ini:

unzip berkas.zip

Sebagai contoh diatas kamu akan meng-extract file bernama berkas.zip. Dan seluruh file didalamnya akan dikeluarkan pada direktori yang kamu gunakan sekarang ini.

Meng-extract Di Direktori Tertentu

Cukup menambahkan attribut -d pada perintah untuk mulai mengatur direktori letak hasil extract file ZIP tersebut. Sebagai contoh disini Saya ingin mengeluarkannya ke direktori /home/user/.

unzip berkas.zip -d /home/user/

Menggunakan UNZIP dengan Password

Terkadang suatu file yang di-privasi harus menuliskan sandi untuk bisa di-extract. Dan tata caranya pun sama saja seperti proses membuatnya, dimana kamu hanya perlu menambahkan attribut -p untuk menuliskan passswordnya.

unzip -p KataSandi berkas.zip

Kesimpulan

Sampai sini pastinya kamu sudah paham tentang membuat file ZIP dan juga meng-extractnya. Perintahnya sangat sederhana sekali bukan? Bahkan melakukannya dari Terminal juga tidak kalah cepatnya dari GUI.

Proses pembuatan atau pengekstrakan file ZIP akan ditampilkan pada layar. Pastikan kamu menunggu sampai prosesnya berhenti/selesai supaya nantinya arsip tidak corrupt. Jika ada pertanyaan mengenai tutorial diatas, sangat dipersilakan untuk komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment