≡ Menu

Cara Mengubah Kualitas Lagu di Spotify

Cara Mengubah Kualitas Lagu di Spotify

Tahukah kamu bahwa suatu musik yang diputar di internet memiliki kaulitas yang berbeda-beda. Dan itu bisa dilihat dari seberapa tinggi bitrate dari file musik tersebut. Semakin rendah bitratenya, memungkinkan kualitas lagu akan buruk, dan sebaliknya.

Normalnya bitrate 128Kbps pada sebuah musik sudah cukup bagus untuk didengarkan di perangkat ponsel, laptop, speaker kecil, ataupun headset. Namun jika diputar pada speaker yang besar, pastinya akan memerlukan bitrate yang lebih tinggi supaya suaranya tidak pecah.

Pada Spotify, kamu dapat memilih kualitas lagu yang mana akan mempengaruhi bitrate dari file lagu tersebut. Dan secara default ini diatur sebagai otomatis untuk menyesuaikan kondisi internet.

Cara Mengubah Kualitas Lagu pada Spotify

Di aplikasi Spotify di ponsel maupun di PC dapat melakukan cara ini. Dan ketahui sebelumnya bahwa mengatur kualitas lagu yang tinggi akan mempengaruhi ukuran streaming dari lagu tersebut. Ibaratnya disini seperti mengatur kualitas video saat menonton di Youtube.

Silakan ikuti tata cara mengubah kualitas lagu Spotify dibawah ini:

  1. Buka Spotify.
  2. Ketuk ikon Pengaturan di pojok kanan.

    Ketuk Opsi Pengaturan di Spotify

  3. Gulir kebawah sampai bagian Kualitas Musik.
  4. Dan pada opsi Streaming, silakan ubah dari Otomatis, menjadi kualitas yang diinginkan.

    Mengubah Kualitas Lagu pada Spotify

Setelah mengaturnya, kualitas lagu akan langsung berubah saat itu juga. Jika kamu ingin menghemat kuota saat mendengarkan lagu di Spotify, silakan atur kualitasnya menjadi rendah.

Jika ingin melihat perbedaannya, itu bisa dilakukan dengan headset pada volume tinggi. Lagu akan mengalami brebet atau pecah pada volume tinggi di kualitas paling rendah. Namun jika diatur sebagai kualitas normal atau tinggi, pastinya tidak akan sampai pecah.

Saya sangat tidak menyarankan untuk mencoba mengecek perbedaanya karena itu cukup beresiko pada telinga, mengingat volume maksimal pada headset kadang dapat membuat kuping menjadi mati rasa. Namun jika kamu ingin mengetahui perbedaan kualitas musik, silakan coba tes bitrate terhadap file MP3 yang bisa dilakukan melalui situs Mp3ornot, dan pastinya aman.

Solusi Kualitas Musik di Spotify Tidak Bisa Diubah

Apakah menu tersebut berubah menjadi greyed out sehingga tidak bisa ditekan apapun? Biasanya hal tersebut disebabkan karena terdapat perangkat lain yang sedang memutar musik di akun yang sama.

Solusinya adalah memisahkan akun dari perangkat lain, sehingga satu akun hanya untuk satu perangkat. Dan kemudian opsi untuk mengubah kualitas musik akan bisa ditekan mulai sekarang.

Pastikan juga kamu telah mengggunakan aplikasi Spotify versi terbaru supaya fitur tersebut tersedia. Untuk memperbaruinya, silakan melakukannya dari Play Store atau Apps Store. Dan hindari mengunduh Spotify di situs web lain, karena memungkinkan bukan versi yang terbaru.

Baca juga: Solusi Tidak Bisa Memutar Lagu di Spotify

Kesimpulan

Cara diatas diterapkan melalui ponsel, dan tata caranya nyaris sama meski dilakukan melalui komputer. Karena yang diperlukan hanyalah menuju ke bagian pengaturan saja dan setelah itu mulai mengubah kualitas streaming lagu.

Selain hanya kualitas lagu, untuk pengguna Spotify premium juga dapat mengatur kualitas download juga lho. Dan sekali lagi ketahuilah bahwa mengatur kualitas ke paling tinggi akan menyebabkan ukuran file lagu juga meningkat sampai 2x dari normalnya.

Sebagai saran terbaik adalah tetap mengaturnya ke Otomatis atau Normal. Jika diatur otomatis, sistem akan memutar musik pada kualitas yang sama dengan koneksi internetnya. Misalnya koneksi internet terbilang cepat, maka Spotify pun akan memilihkan kualitas tinggi untuk pengalaman yang terbaik. Dan sebaliknya jika koneksi lambat, maka Spotify akan mengatur kualitas musik pada kualitas rendah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment