≡ Menu

5 Cara Mengatasi Suara Headset Bermasalah

5 Cara Mengatasi Suara Headset Bermasalah

Apakah kamu merasa ada yang berbeda dengan suara headset yang digunakan? Bisa jadi bassnya tidak lagi terasa atau bahkan suaranya terlalu nyaring dan tidak seperti biasanya. Ada dua hal yang mempengaruhi hal tersebut.

Yang pertama adalah disebabkan karena kerusakan hadrware, dan ini mustahil untuk dibetulkan secara mandiri, mengingat kesalahan terjadi pada komponen dalam. Dan yang kedua adalah masalah sistem perangkat, yang mana tidak mempengaruhi terhadap hardware headset.

Yang akan dibahas pada artikel ini adalah kendala yang kedua. Dan untuk memastikan bahwa headset kamu baik-baik saja, silakan coba dengarkan di perangkat yang lain. Dan apabila di perangkat lain headset kamu normal, itu tandanya terdapat perubahan setelan di perangkat kamu yang menyebabkan keluaran audio di headset menjadi berbeda.

Beberapa Cara Mengatasi Suara Headset Bermasalah

1. Hapus Aplikasi Audio Efek Tambahan di Perangkat

Kadang pengguna memasang suatu aplikasi atau program lain untuk bisa mengatur kualitas suara lebih baik lagi. Namun akibat aplikasi tersebut galat, sehingga mempengaruhi suara headset. Untuk itu ada baiknya untuk dihapus dan kemudian mengeceknya lagi.

Contoh aplikasi/program yang dimaksud adalah sejenis Viper, Equalizer APO, PowerAmp, dan sebagainya. Jadi segala aplikasi tambahan yang mempengaruhi terhadap audio, ada baiknya untuk dihapus terlebih dahulu.

2. Reset Setelan Equalizer di Perangkat

Terkadang suatu ponsel atau laptop memiliki fitur equalizer bawaan. Silakan reset kembali ke semula setelan equalizer tersebut dan kemudian silakan coba memutar lagi musik atau lain-lain di headset untuk memastikan berhasil tidaknya.

Reset Setelan Equalizer

Jika sebagian ponsel Android, setelan equalizer kadang ada di bagian menu Suara & Volume. Sedangkan di laptop, biasanya ada di suatu program bawaan yang mengaturnya. Contohnya seperti Waves Maxxaudio, Dolby Audio, dan sejenisnya.

3. Matikan atau Aktifkan Sound Effect

Cara yang satu ini khusus untuk pengguna Windows. Jadi silakan klik kanan pada ikon suara di toolbar. Kemudian klik pada Sounds. Kemudian pada dialog yang muncul, pilih tab Playback.

Klik kanan pada perangkat headset yang dipakai saat ini, dan pilih Properties. Selanjutnya menuju tab Enhancements. Dan tahap terakhir adalah mencoba mematikan atau mengaktifkan opsi tersebut.

Sound Effect di Windows

Jadi cobalah ber-eksperimen sedikit dengan mencoba memutar musik dengan kondisi sound effect aktif dan sebaliknya. Sound effect sangat mempengaruhi terhadap headset yang menggunakan kabel USB.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dolby Audio di Windows 10

4. Roll Back Versi Driver Audio

Jadi terkadang ada kondisi dimana driver audio bermasalah sesudah memperbarui driver. Sebagai contoh adalah ketika adanya windows update, pastinya driver versi terbaru akan langsung terpasang.

Tapi pengguna juga diberi kebebasan untuk melakukan rollback versi driver tersebut. Untuk melakukannya, silakan menuju Device Manager dan klik dua kali pada Audio Inputs and Outputs. Lalu klik kanan pada driver audio saat ini, dan pilih Properties.

Selanjutnya menuju tab Driver dan klik pada opsi Roll Back. Setelah itu ikuti intruksi pada layar.

Roll Back Versi Driver Audio

Sistem akan meminta untuk me-restart perangkat setelah melakukan ini, dan kemudian kamu bisa mencoba mengecek suara headsetnya. Jika kendalanya ada di driver, pasti cara ini akan berhasil.

5. Reset Perangkat

Jika semua cara diatas sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah me-reset perangkatnya. Dengan meresetnya, segala pengaturan akan kembali seperti semula.

Pastikan sebelum melakukan reset, segala data penting sudah dicadangkan terlebih dahulu.

Baik di komputer ataupun di ponsel, melakukan reset akan menghapus segala aplikasi yang terpasang. Dan kesempatan berhasil dari cara ini lebih besar untuk mengatasi suara headset yang bermasalah.


Cukup itu saja lima cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi suara headset yang bermasalah. Apabila kamu memiliki pertanyaan atau ingin menambah cara lain kecuali diatas, sangat dipersilahkan untuk berkomentar pada kolom dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment