≡ Menu

Tutorial Memasang Add-Ons di Blender 3D

Add-Ons atau bisa juga disebut sebagai Plugin pada Blender memiliki banyak sekali kegunaan yang membantu untuk mempermudah melakukan hal-hal tertentu. Banyak sekali Add-Ons diluar sana yang dibagikan secara gratis, namun adapula yang berbayar.

Penggunaan Add-Ons di Blender bisa bermacam-macam, contohnya adalah untuk kamera, pembuatan simulasi, dan lain sebagainya. Kamu harus memilih Add-Ons yang tepat untuk melakukan hal tersebut.

Sementara itu untuk memasangnya pun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Yang terpenting untuk saat ini kamu telah menyiapkan file Add-Ons yang akan di-instal. Dan jika sudah menyiapkannya, silakan ikuti tutorial di artikel ini.

Cara Memasang Add-Ons Blender

  1. Buka terlebih dahulu program Blender.
  2. Klik menu Edit dan pilih Preferences.

    Menuju Preferences di Blender

  3. Lalu klik di menu Add-Ons.

    Klik Menu Add-Ons

  4. Selanjutnya klik tombol Install.

    Klik Tombol Install di Blender

  5. Pilih file Add-Ons yang telah di-unduh.
  6. Tahap terakhir, silakan aktifkan Add-Ons tersebut.

    Memasang Add-Ons di Blender

File Add-Ons pada dasarnya ber-format .py (python), namun pada Blender versi 2.8 keatas bisa juga langsung memasang dari file arsip .zip. Informasi Add-Ons akan tampil pada layar setelah memilih filenya, dan siap untuk diaktifkan.

Baca juga: Tips Mempercepat Proses Render di Blender

Solusi Add-Ons Blender Tidak Terpasang

Program Blender tidak menampilkan suatu kesalahan meski memilih file yang tidak benar, karena file yang dipilih tersebut akan langsung dipindahkan ke direktori letak instalasi Add-Ons. Tepatnya pada direktori ini C:\Program Files\Blender Foundation\Blender 2.8x\2.8x\scripts\addons.

Jadi apabila kamu mengalami masalah terhadap Add-Ons, silakan cek pada direktori tersebut untuk memastikan Add-Ons sudah terpasang dengan benar.

Beberapa orang juga mengalami masalah yang merujuk pada program Blender setelah memasang Add-Ons. Itu bisa disebabkan karena file tidak lengkap atau tidak kompatibel dengan versi program yang digunakan. Jadi solusinya adalah menghapus file Add-Ons yang baru ditambahkan secara manual dari direktori sesuai yang Saya sebutkan diatas tadi.

Apabila kamu memiliki kendala lain ketika hendak memasang Add-Ons di Blender, ada baiknya untuk berkomentar pada kolom dibawah untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment