≡ Menu

Cara Download Seluruh Foto dan Video di Google Photos

Google memberikan akses penyimpanan gratis sebesar 15GB yang bisa digunakan untuk menyimpan file pada beberapa produk Google, seperti Drive, Photos, dan sebagainya. Namun pada dasarnya pengguna bisa menyimpan file berjenis foto dan video secara unlimited pada Google Photos.

Google Photos menyediakan penyimpanan tak terbatas untuk file foto dan video yang terkompres dengan kualitas tinggi. Namun pengguna juga diberikan akses untuk menyimpan file original tanpa kompres dengan syarat terdapat batasan 15GB penyimpanan.

Untuk saat ini, setiap foto dan video yang tersinkron dengan galeri di Android akan muncul pada Google Photos. Hal ini memungkinkan kamu takkan pernah kehilangan momen tersebut dan akan tersimpan selamanya pada Google Photos.

Bisakah Mengunduh File di Google Photos?

Tentu saja bisa, itu juga termasuk penyimpanan cloud yang mana keamanannya sangat terjamin. Bahkan kamu juga bisa mengatur privasi foto atau video menjadi publik, sehingga dapat dibagikan dengan orang lain disekitar.

Namun tidak memiliki opsi untuk mengunduh semua foto atau video. Jadi kamu harus menyeleksi manual file mana yang akan diunduh. Tetapi, artikel ini akan menunjukan sedikit trik untuk bisa mengunduh seluruh file yang ada disana, sehingga kamu tidak perlu lama menyeleksi satu-per-satu.

Cara Download Semua Foto dan Video pada Google Photos

Cara ini nyaris sama dengan mengunduh semua file di Google Drive, hanya saja terdapat perbedaan dari cara seleksi seluruh file. Tanpa menunggu lama lagi, silakan ikuti tata cara dibawah ini untuk mulai mengunduh seluruh file di Google Photos.

  1. Buka website Google Photos.
  2. Seleksi salah satu foto atau video paling awal.

    Seleksi Foto di Google Photos

  3. Kemudian gulir ke foto paling terakhir.

    Gulir ke Foto Paling Akhir

  4. Sekarang tekan tombol SHIFT sambil menyeleksi foto terakhir tadi.
  5. Alhasil seluruh foto dan video akan langsung ter-seleksi.

    Seluruh Foto Terseleksi

  6. Tahap terakhir, klik opsi titik tiga dipojok kanan. Dan pilih Download.

    Download Seluruh Foto dan Video di Google Photos

Setelah melakukan langkah diatas, dialog unduhan akan segera muncul. Dan jika total file tergolong besar, maka ini akan membutuhkan waktu beberapa saat sampai dialog unduhan itu muncul. Seluruh file foto dan video akan dikemas menjadi satu file arsip ber-format ZIP.

Bagaimana Cara Membuka Hasil File Download?

Pada Windows 10, kamu bisa langsung membuka file arsip tersebut di Windows Explorer, dan dapat langsung memindahkannya ke direktori yang diinginkan. Sedangkan pada Windows dibawahnya, sangat disarankan untuk memakai program bernama WinRar.

Jadi silakan buka file ZIP tersebut menggunakan WinRar. Setelah itu seleksi seluruh file yang ada dengan cara menekan tombol CTRL+A. Dan kemudian klik opsi Extract dan pilih direktori untuk menyimpan seluruh file tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Gambar Meme di Android, Mudah Sekali

Kesimpulan

Berhubung masih belum ada opsi download semuanya di Google Photos, maka cara termudah untuk mengunduh seluruh foto dan video adalah mengikuti langkah diatas. Dan secara keseluruhan, yang terpenting disini adalah tombol SHIFT yang ada di keyboard.

Jadi dengan menekan lama tombol tersebut sambil menyeleksi satu file saja, itu juga akan menyeleksi seluruh file sebelumnya. Sehingga seluruh file akan terseleksi dan bisa mulai untuk mengunduhnya.

Jika kamu kesulitan dalam melakukan langkah diatas, sangat dipersilakan untuk menanyakannya di kolom komentar untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment