≡ Menu

Cara Menyesuaikan Tombol di Panel Notifikasi Samsung

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat tampilan ponsel menjadi rapi dan sesuai keinginan. Seperti mengubah tema, gaya tulisan, menambah widget, dan lain-lain. Sementara itu beberapa orang mungkin lupa adanya tampilan di panel notifikasi yang harus disesuaikan.

Tombol pintas yang ada di panel notifikasi sangatlah berguna bagi beberapa orang, misalnya menghidupkan wifi, mengubah ke mode getar, atau sebagainya. Dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa menyesuaikan tombol itu untuk menjangkaunya lebih mudah.

Pada kebanyakan ponsel Samsung, tombol di panel notifikasi dapat disesuaikan untuk kemudahan. Bahkan beberapa aplikasi lain yang menyediakan semacam shortcut pun juga dapat dipasang sebagai tombol.

Menyesuaikan Tombol Panel Notifikasi pada Ponsel Samsung

Sebenarnya bukan cuma di ponsel Samsung saja yang dapat menyesuaikan tampilan panel notifikasi, akan tetapi hampir seluruh ponsel Android dapat melakukannya. Sementara itu di ROM Samsung One UI justru tombol yang bisa diatur lebih banyak.

  1. Buka Panel Notifikasi.
  2. Ketuk opsi titik tiga.

    Ketuk Opsi Titik Tiga

  3. Kemudian pilih Urutan Tombol.

    Pilih Urutan Tombol

  4. Selanjutnya silakan seret tombol yang ingin ditambah, dihilangkah, atau dipindah letaknya.

    Menyesuaikan Urutan TObol di Panel Notifikasi

  5. Jika sudah, ketuk opsi Selesai.

    Ketuk Opsi Selesai

Tutorial diatas dijelaskan dari ROM Samsung One UI, sementara itu apabila ponsel kamu masih menggunakan ROM Samsung Experience, caranya nyaris sama, yaitu cukup menekan tombol EDIT pada Panel Notifikasi.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Tombol Bixby pada Samsung

Mengubah Kisi Tombol di Panel Notifikasi

Opsi ini hanya tersedia di ROM Samsung One UI saja, dan kegunaannya adalah untuk mengatur seberapa banyak tombol yang ditampilkan pada layar. Sehingga kamu bisa mengaturnya senyaman mungkin, khususnya ketika sedang memakai ponsel dengan satu tangan.

Untuk caranya, silakan menuju panel notifikasi dan ketuk opsi titik tiga, selanjutnya pilih Kisi Tombol. Maka disana akan disediakan tiga pilihan, secara default adalah 4×3, silakan pilih dan coba sesuai kenyamanan.

Ubah Kisi Tombol di Panel Notifikasi Samsung One UI

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment