≡ Menu

5 Tips Mencegah Komputer Terkena Virus Ransomware

5 Tips Mencegah Komputer Terkena Virus Ransomware

Ransomware adalah golongan virus atau malware pada komputer yang sangat kejam. Pasalnya jika komputer sampai terkena, maka seluruh file penting akan ter-enkripsi dan tidak bisa membukanya. Dibutuhkan suatu dekriptor untuk bisa kembali menyelamatkannya.

Tidak semua ransomware bisa diatasi, namun untuk varian yang lawas, kadang terdapat dekriptor yang disediakan oleh program antivirus populer saat ini. Namun untuk jenis varian yang baru, akan sangat sulit untuk menemukan dekriptornya kecuali membayar kepada peretas tersebut dengan harga yang tidak masuk akal.

Seperti kebanyakan kalimat, lebih baik mencegah daripada mengatasi. Dan tentunya kamu dapat mencegah ransomware ini sampai masuk ke komputer dengan beberapa langkah saja.

Tips Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Ransomware

Ketahui lebih dulu bahwa malware tersebut datangnya melalui internet. Jadi apabila kamu terlalu ceroboh saat menjelajahi internet, seperti mengunduh segala hal tanpa peduli apapun, maka ransomware ini akan siap mendatangi komputermu.

Maka dari itulah, lakukan beberapa tips dibawah ini supaya perangkat bisa tetap aman dan terhindar dari virus Ransomware. Sehingga menjelajahi internet tetap menyenangkan tanpa ada rasa khawatir.

1. Pasang Program Antivirus Tambahan

Jangan mengira Windows Defender saja sudah cukup untuk menangkal malware. Karena kebanyakan kasus komputer terkena ransomware adalah tidak memasang program antivirus tambahan. Ada banyak sekali program antivirus gratis yang tersedia saat ini, dan pakailah salah satu yang populer.

Cukup gunakan salah satu saja, sebab jika memakai banyak program antivirus hanya akan membuat perangkat menjadi berat. Menggunakan antivirus yang berbayar juga lebih disarankan, sebab kadang telah memiliki fitur proteksi drive terhadap ransomware, salah satunya adalah Malwarebytes.

2. Jangan Mengunduh Program Bajakan

Kadang memang menyenangkan bisa menikmati program yang berbayar secara gratis, tapi pastilah terdapat efek sampingnya. Kita tidak tahu apakah program tersebut disisipi oleh kode jahat didalamnya yang membuat komputer terkena ransomware.

Untuk itu mulai sekarang ada baiknya untuk tidak mengunduh program bajakan di situs yang kurang terpercaya, dan hanya membeli dan mengunduhnya di situs resmi untuk terhindar dari ransomware.

3. Hindari Mengunduh File Format EXE atau MSI dari Email

Banyak sekali pesan spam yang terkirim tiap harinya ke ratusan ribu atau bahkan jutaan alamat email, dan didalam pesan tersebut berisi suatu tautan. Walau tidak semua tautan berbahaya, tapi kadang itu mengarah ke halaman download alias tiba-tiba muncul dialog download di browser.

Sebaiknya batalkan proses unduhan tersebut. Dan jika sudah terlanjur mengunduhnya, silakan hapus langsung tanpa perlu membukanya terlebih dahulu.

File dengan format EXE adalah yang paling berbahaya apabila diterima melalui email, tapi syukurnya beberapa provider email populer seperti Gmail telah mem-filter pesan tersebut sehingga otomatis masuk ke folder spam.

4. Pindai Komputer Terhadap Virus Secara Rutin

Di berbagai program antivirus, terdapat opsi untuk melakukan pemindaian cepat. Dan biasanya hanya perlu menunggu 5 menit dan proses pemindaian selesai. Lakukan tindakan itu secara rutin untuk terhindar dari segala virus termasuk ransomware ini.

Dan jangan lupa untuk mengecek versi definisi virus, pastikan bahwa itu adalah yang terbaru. Hampir semua program antivirus selalu memperbarui definisi virus secara otomatis, akan tetapi ada baiknya untuk mengeceknya sesekali untuk memastikan bahwa itu sudah diperbarui.

Baca juga: Tips Aman Sebelum Membuka Program Asing di PC

5. Jangan Membuka Program yang Tidak Dikenal

Sebagai contohnya kamu menemukan suatu file program (format EXE) dan tiba-tiba muncul di drive atau folder download. Ada baiknya untuk tidak membuka file tersebut apabila tidak mengenalinya.

Jika masih ingin membukanya, gunakan fitur sandbox yang tersedia pada antivirus untuk memastikan terlebih dahulu bahwa itu aman. Namun lebih disarankan untuk langsung menghapusnya apabila tidak mengenali file tersebut sama sekali.


Selama kamu melakukan beberapa tips diatas, komputer atau laptop yang kamu gunakan akan aman terhadap virus ransomware ataupun yang lainnya. Dan apabila kamu memiliki tips selain lima diatas, atau justru mengalami kesulitan terhadap suatu tips diatas, silakan lontarkan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment