≡ Menu

Cara Menampilkan Persentase Baterai pada Ponsel Samsung

Mengetahui daya baterai pada umumnya bisa dilihat langsung dari ikon baterai yang ada di status bar, akan tetapi kadang seseorang masih penasaran terhadap seberapa banyak baterai yang tersisa dalam hitungan persen.

Di suatu ponsel terkadang persentase baterai langsung tampil di status bar, sementara itu di ponsel Samsung secara default fitur tersebut tidak diaktifkan. Dan untuk mengaktifkannya pun sangatlah mudah.

Tidak perlu memakai bantuan aplikasi lain, sebab di kebanyakan ponsel Samsung sudah disediakan langsung oleh sistem. Dan tutorial dibawah ini lebih dikhususkan pada ponsel Samsung yang telah menggunakan ROM One UI.

Menampilkan Persentase Baterai di Samsung

Dengan mengaktifkannya, kamu akan mengetahui status daya baterai setiap saat dan lebih mudah untuk memprakirakan kapan baterai itu benar-benar habis dan tidak khawatir untuk melakukan charging lebih dini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih menu Pemberitahuan.

    Menuju Menu Pemberitahuan

  3. Selanjutnya ketuk pada menu Bilah Status.

    Ketuk Menu Bilah Status

  4. Dan aktifkan pada opsi Lihat Persentase Baterai.

    Aktifkan pada Lihat Persentase Baterai

  5. Kini Persentase Baterai pasti akan muncul di status bar.

    Menampilkan Percentage Baterai di Samsung

Setelah mengikuti langkah diatas, persentase baterai akan langsung tampil disebelah ikon baterai. Jika kamu merasa tidak ingin menampilkannya lagi, silakan ikuti kembali tutorial diatas, karena untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya tidaklah jauh berbeda.

Memakai Bantuan Aplikasi Battery Percentage

Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi lain apabila di ponselnya tidak memiliki fitur untuk mengaktifkannya. Dan aplikasi yang perlu untuk dipasang adalah Battery Percentage, silakan cari di Play Store.

Setelah memasangnya, kamu bisa membuka aplikasi tersebut untuk mengizinkan beberapa hal. Dan kemudian persentase baterai akan tampil di status bar.

Menggunakan Aplikasi Battery Percentage

Gunakan cara ini hanya sebagai alternatif apabila cara utama diatas tidak bisa dilakukan akibat kendala fitur yang tidak tersedia. Di Play Store juga banyak aplikasi yang serupa dan memungkinkan memiliki gaya tersendiri untuk menampilkan persentase baterai, silakan coba sesuai selera.

Baca juga: Cara Mengecek Kualitas Charger dan Baterai HP Android

Kesimpulan

Menampilkan persentase baterai dapat membantu seseorang untuk mengetahui daya baterai lebih rinci. Tapi itu juga bisa digunakan sebagai jaga-jaga untuk melakukan charging tepat waktu tanpa harus menunggu ponsel benar-benar kehabisan daya.

Kebanyakan ponsel Samsung saat ini menggunakan ROM One UI, jadi cara utama tadi pastilah akan berhasil diterapkan. Sementara itu untuk ponsel Samsung yang menggunakan ROM berbeda, bisa menggunakan cara alternatif.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment