≡ Menu

Cara Membuat Akses Poin (APN) di Android

Cara Membuat Akses Poin (APN) di Android

Dulu mengatur APN di ponsel Java s403 sangatlah ribet, karena pengguna harus membuat semacam file prov terlebih dahulu. Namun untuk sekarang ini pembuatan APN atau jalur akses di smartphone sangatlah mudah tanpa perlu lama lagi.

Kegunaan dari APN tentunya berkaitan dengan sambungan ke internet. Tanpa ada APN, pastinya ponsel kamu takkan bisa menyambung ke internet. Akan tetapi di semua Android, umumnya APN langsung tersedia dari kartu seluler yang digunakan. Sehingga kamu tidak perlu membuatnya lagi.

Tapi beberapa orang memilih untuk membuat APN yang baru dengan alasan tersendiri. Contohnya supaya dia bisa menerima alamat IP yang berbeda dari sebelumnya, atau barangkali APN yang lainnya jauh lebih cepat dari yang biasa digunakan.

Tutorial Membuat APN Baru di Android

Tulisan ini akan menjelaskan cara termudah untuk membuat APN baru di semua ponsel Android. Silakan langsung ikuti tata caranya dibawah ini:

  1. Buka Pengaturan di ponsel.
  2. ketuk menu Koneksi.

    Ketuk Menu Koneksi

  3. Lalu pilih Jaringan Seluler.

    Pilih Jaringan Seluler

  4. Kemudian ketuk menu Nama Poin Akses.

    Ketuk Nama Poin Akses

  5. Ketuk opsi Tambah.

    Buat APN Baru di Android

  6. Sekarang isikan kolom Nama dengan “APN Baru” atau terserah.

    Cara Membuat APN di Android

  7. Dan isikan kolom APN dengan nama APN yang ingin digunakan. Misalnya internet, xlspeed, atau indosatgprs.
  8. Yang lain tidak perlu diisi, selanjutnya klik opsi titik tiga dipojok kanan, lalu pilih Simpan.

    Membuat APN Akses Poin di Android

Sampai sini pasti APN sudah berhasil dibuat, kamu akan melihat nama APN Baru yang dibuat tadi dan bisa langsung digunakan. Saat berganti APN, koneksi internet akan ter-restart otomatis dan itu adalah normal.

Kamu juga boleh mengatur setelan yang ada di APN, namun pada dasarnya cukup mengatur APN dan Nama saja sudah cukup. Untuk bagian username dan password boleh dikosongkan saja atau mengikuti prosedur yang telah disediakan oleh operator seluler masing-masing.

Baca juga: Trik Membuat Koneksi Stabil untuk Bermain Game Online

Kenapa Akses Poin Tidak Bisa Digunakan di Android?

Terkadang saat ingin berganti APN, tiba-tiba sistem langsung mengalihkannya ke APN yang sebelumnya. Itu bisa disebabkan karena kesalahan dalam mengatur APN tersebut. Untuk itu silakan ubah lagi APNnnya atau coba menggunakan APN internet, untuk memastikan.

Karena Akses Poin internet berfungsi untuk seluruh kartu seluler. Atau jika kamu sebelumnya menyetel sesuatu pada APN itu, silakan dicek sekali lagi, barangkali terdapat kesalahan.

Dan selama kamu mengikuti tata cara diatas, pasti APN dapat digunakan dengan baik tanpa ada kendala. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment