Cara Melaporkan Suatu Produk di Tokopedia

Cara Melaporkan Suatu Produk di Tokopedia

Walau tidak ingin keluar rumah, seseorang bisa membeli sesuatu secara online. Terima kasih kepada toko online yang menyediakan fasilitas jual beli secara aman. Tapi dibalik kemudahan itu, masih ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencari keuntungan dengan cara yang nakal.

Contohnya seperti melanggar ketentuan/pedoman situs toko online. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah penjual meminta agar pembeli melakukan transkasi di luar toko online tersebut. Atau contoh lainnya adalah terdapat produk yang dijual dengan harga yang tak masuk akal.

Pada Tokopedia, penjual seperti itu juga masih bertebaran, dan kamu bisa membantu banyak orang dengan cara melaporkannya. Dengan begitu produk tersebut atau bahkan akun penjual itu akan dihapus dari sistem apabila positif melanggar ketentuan.

Cara Melaporkan Produk yang Melanggar di Tokopedia

Hanya perlu beberapa langkah saja dan kamu telah membantu banyak orang untuk menghindari penjual yang berpotensi penipuan. Dan langkah dibawah ini dijelaskan melalui aplikasi Tokopedia di ponsel.

  1. Pada halaman barang, ketuk pada opsi titik tiga di pojok kanan atas.

    Ketuk Opsi Titik Tiga Tokopedia

  2. Kemudian ketuk opsi Laporkan.

    Pilih Opsi Laporkan

  3. Pilih kategori pelanggaran terhadap barang tersebut. Sebagai contohnya Harga Tidak Wajar.

    Pilih Kateogri Pelanggaran Produk Tokopedia

  4. Akan ada beberapa lagi pertanyaan, silakan pilih sesuai pelanggaran barang.

    Pilih Pelanggaran Produk

  5. Pada kolom Detail Laporan, isikan alasan mengapa kamu melaporkan barang tersebut.

    Isikan Detail Laporan

  6. Lalu dibagian Foto Laporan sebenarnya opsional, tapi lebih baik jika kamu menambahkannya. Contohnya foto screenshot terhadap barang tersebut.
  7. Jika sudah, klik tombol Lapor.
  8. Kemudian akan muncul dialog konfirmasi, lanjutkan dengan menekan tombol Lapor.

    Melaporkan Produk yang Melanggar di Tokopedia

  9. Selesai, kamu berhasil melaporkan barang tersebut.

Untuk pengguna komputer, tata caranya tidak jauh berbeda. Tombol untuk melaporkan produk ada di deretan Deskripsi, Ulasan, dan Diskusi. Selanjutnya dialog untuk memilih jenis pelanggaran akan muncul seperti langkah ke-3 diatas.

Baca juga: Cara Mengaktifkan PIN di Akun Tokopedia

Berapa Lama Tokopedia Menindaklanjuti Laporan?

Setelah melaporkan suatu produk, akan muncul pesan sekejap yang menyatakan bahwa laporan telah diterima dan akan ditindaklanjuti secepatanya. Tapi kemungkinan ini akan membutuhkan waktu beberapa hari.

Untuk beberapa jenis laporan, kamu akan mendapatkan respon dari Tokopedia melalui email yang menyatakan bahwa barang tersebut melanggar ataupun tidak. Jika benar melanggar, tentunya halaman barang itu akan dihapus langsung saat itu juga.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *