≡ Menu

Solusi Mengatasi Kamera Windows 10 Tidak Berfungsi

Solusi Mengatasi Kamera Windows 10 Tidak Berfungsi

Pada Windows 10, terdapat aplikasi kamera bawaan yang dapat digunakan untuk memotret ataupun merekam video. Tapi kebanyakan orang lebih suka menggunakan program kamera lain karena memiliki lebih banyak fitur untuk diatur.

Kamera bawaan di Windows 10 hanya memiliki fitur yang sederhana, yang memungkinkan semua orang dapat mengabadikan momen di depan monitor dengan mudah. Baik itu dari kamera eksternal atau internal yang ada di laptop, aplikasi kamera bawaan tersebut harusnya dapat berfungsi dengan baik.

Tapi kendala kadang terjadi secara tiba-tiba, dimana aplikasi kamera itu tidak lagi dapat dibuka dan muncul semacam notifikasi. Entah itu kamera tidak terdeteksi atau hal-hal yang lainnya. Dan untuk itulah artikel ini dibuat, untuk mengatasi kendala yang muncul, supaya aplikasi kamera dapat digunakan lagi secara normal.

Ganti Aplikasi Kamera dengan Aplikasi Webcam yang Lain

Mengetahui bahwa kamera bawaan Windows 10 sangatlah sederhana, bukankah lebih baik untuk menggantinya dengan aplikasi kamera/webcam yang lain? Seperti contohnya adalah Bandicam. Programnya cukup bagus dan juga fiturnya lebih banyak.

Biasanya dengan memakai aplikasi kamera lain, kamu tak hanya bisa memotret dan merekam video pada depan monitor saja, tapi juga bisa merekam apa saja yang ada di layar termasuk pada dalam game sekalipun.

Jadi pikirkan dengan matang untuk berganti aplikasi kamera. Namun jika kamu lebih suka untuk tetap menggunakan kamera bawaan, silakan simak terus artikel ini untuk mendapatkan solusinya.

Muncul Notifikasi “Can’t Find Your Camera” (0xA00F4244 atau 0x200F4244)

Notifikasi Cant Find Your Camera

Saat membuka kamera, harusnya tidak ada notif apapun yang tampil pada layar yang langsung dapat digunakan untuk memotret. Tapi jika muncul notifikasi seperti judul diatas, kemungkinan besar bahwa kamera pada komputer atau laptop kamu belum siap digunakan, dan solusi untuk itu sangat bervariasi.

1. Izinkan Penggunaan Kamera di Pengaturan

Secara default kamera memang sudah diizinkan untuk aplikasi kamera bawaan. Tapi siapa tahu itu berubah akibat windows update atau semacamnya. Jadi silakan cek pada bagian Settings > Privacy > Camera.

Gulir kebawah dan temukan aplikasi Kamera, dan pastikan itu sudah diatur sebagai ON. Sebab jika itu dimatikan, pastinya driver kamera akan dibatasi dan seolah tidak terbaca oleh aplikasi.

Izinkan Kamera

2. Tekan Tombol F8

Masih menjadi misteri mengapa tombol F8 pada keyboard dapat mengatasi masalah ini. Namun itu tidak ada salahnya untuk dicoba, mengetahui banyak sekali orang yang berhasil dengan cara unik ini.

Jadi setelah membuka aplikasi kamera dan muncul notif, silakan tekan tombol F8 dan tunggu beberapa detik. Namun jika tidak berhasil dengan cara ini, lanjut ke cara berikutnya.

3. Reset Kamera

Silakan menuju Settings > Apps. Lalu ketik Kamera dan klik pada Advanced Options. Kemudian gulir sampai bawah dan klik pada tombol RESET. Setelah itu coba membuka kembali aplikasi kamera untuk memastikan.

Mengatasi Kamera Windows 10 Tidak Berfungsi

Me-reset aplikasi kamera ini layaknya sedang menghapus data pada dalam program, sehingga jika kendalanya dari dalam program, maka cara ini pastinya ampuh untuk mengatasi.

4. Cek Driver Kamera

Klik Search dan ketik Device Manager lalu ENTER. Silakan cek pada bagian Cameras atau Imaging Devices, pasti disana terdapat driver yang tampil. Silakan update driver tersebut atau roll back ke versi sebelumnya.

Namun jika sekiranya tidak ada driver kamera yang muncul, itu tandanya driver tidak terpasang atau belum diaktifkan. Silakan ikuti cara pada artikel Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop untuk membuat driver kamera itu muncul.

Muncul Notifikasi “Close Other Apps” (0xA00F4243)

Notifikasi Close Other Apps

Jika kendalanya seperti ini, sebenarnya untuk mengatasinya cukup mudah. Jadi aplikasi kamera tidak dapat dipakai secara bersamaan, dan sekarang ini terdapat program lain yang sedang memakai aplikasi kamera tersebut.

Solusinya adalah, pastikan tidak ada program lain yang sedang berjalan dengan kamera, baik itu di browser atau apapun itu. Silakan cek juga pada sisi startup untuk memastikan program apa saja yang sedang berjalan semenjak komputer dihidupkan.

Apabila kamu memiliki kendala lain, atau mengalami kesulitan pada salah satu solusi diatas, jangan malu untuk bertanya di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment