≡ Menu

Cara Menggunakan Tamper Data di Firefox Quantum

Tamper data merupakan ekstensi Firefox yang memiliki kegunaan untuk mem-pratinjau setiap kiriman atau request dari suatu form di website sebelum data itu dikirimkan. Ekstensi tersebut sangat membantu untuk melakukan testing penetrasi terhadap keamanan website.

Namun sejak Firefox Quantum di-rilis, ekstensi Tamper Data yang lama tidak dapat lagi digunakan karena tak kompatibel. Sehingga muncullah jenis ekstensi baru yang memiliki nama dan juga fitur yang nyaris sama seperti ekstensi sebelumnya.

Namun terdapat kekurangan tersendiri pada ekstensi Tamper Data terbaru untuk Firefox Quantum. Dimana pengguna hanya dapat melakukan pratinjau data saja dan tak dapat mengubahnya, namun pengguna masih diberikan opsi untuk mengedit bagian request HTTP header.

Tutorial Menggunakan Tamper Data di Firefox Quantum

Ekstensi Tamper Data terbaru memiliki tampilan yang lebih rapi dan enak dipandang dibanding sebelumnya. Cara memakainya juga nyaris sama seperti dulu, namun tidak lagi melalui menu Tools dan langsung menuju bagian ekstensi. Pastikan saat ini kamu telah memasang ekstensi ini. Jika belum memasangnya, silakan ke halaman Addon Firefox.

Berikut ini tata cara menggunakan ekstensi Tamper Data di Firefox Quantum, silakan disimak dengan baik.

  1. Buka Firefox dan menuju situs web target.
  2. Isikan sesuatu pada formulir di website tersebut, tapi jangan tekan tombol Submit terlebih dahulu.

    Mengisi Formulir di Suatu Website

  3. Silakan klik pada ikon Tamper Data dibagian atas kanan browser.

    Klik Ikon Tamper Data

  4. Kemudian klik tombol Yes.

    Klik Tombol Start Tamper

  5. Nah, sekarang kamu bisa menekan tombol Submit pada website tadi.
  6. Dan secara otomatis dialog popup akan tampil dari Tamper Data, disini kamu dapat melihat data dan juga mengedit request headernya.

    Cara Menggunakan Tamper Data di Firefox Quantum

Kemampuan dari ekstensi Tamper Data tidak hanya untuk pengisian formulir saja, namun juga dapat mengontrol banyak hal, termasuk request gambar atau javascript. Bagi para developer, itu sudah cukup untuk melakukan testing.

Baca juga: Beberapa Keunggulan dari Firefox Quantum Browser

Lalu Bagaimana Cara Mengedit Request Data?

Mengetahui ekstensi Tamper Data terbaru ini tak mengijinkan pengguna untuk mengedit request data, alias cuma request header saja yang dapat diedit. Jadi cara satu-satunya adalah menggunakan fitur Edit and Resend pada Firefox.

Kamu bisa menemukan itu pada Developer Tools atau cukup menekan tombol CTRL+SHIFT+I dan menuju bagian Network. Setiap kali kamu mengirimkan formulir, daftar XHR akan diperbarui dan bisa dilihat request data dan juga request headernya.

Menggunakan Fitur Edit and Resend Sebagai Alternatif Tamper Data

Jadi kamu cukup menekan tombol Edit and Resend dan setelah itu kolom untuk mengalihkan data akan ditampilkan. Untuk sekarang ini hanya melalui ini saja cara untuk mengedit request data di Firefox Quantum. Apabila kamu lebih suka menggunakan Tamper Data versi lama, silakan gunakan Mozilla Firefox versi 41 supaya kompatibel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment