≡ Menu

Cara Memindahkan Data Browser dari Chrome ke Firefox

Google Chrome dikenal sebagai browser yang paling banyak digunakan. Sementara itu pengguna Firefox pun juga tidak kalah banyak, apalagi mereka merilis versi Quantum yang terasa lebih cepat untuk browsing dan mengelola sesuatu pada browser.

Bagi seseorang yang telah bosan menggunakan Chrome atau memiliki kendala lain, mungkin lebih berfikiran untuk berganti ke browser Mozilla Firefox. Terdapat fitur import data yang akan memudahkan kamu untuk melakukan migrasi dari browser lain.

Untuk sekarang ini pada Firefox hanya mendukung 3 browser saja yang dapat di-import. Antara lain adalah Microsoft Edge, Internet Explorer, dan Google Chrome. Data tersebut termasuk histori, cookies, dan lain-lain.

Memindahkan Data dari Chrome ke Firefox

Proses migrasi ini hanya berlangsung sekejap, dan kamu tidak perlu memasang alat tambahan, karena sekali lagi fitur import data sudah disediakan oleh Firefox itu sendiri. Silakan ikuti cara melakukannya berikut ini.

  1. Buka browser Firefox.
  2. Tekan CTRL+SHIFT+B pada keyboard.
  3. Selanjutnya klik opsi Import and Backup.

    Klik Opsi Import and Backup

  4. Lalu klik menu Import Data from Another Browser.

    Klik Menu Import Data from Another Browser

  5. Sekarang ada pilihan browser, silakan pilih Chrome dan klik tombol Next.

    Memindahkan Data dari Chrome ke Firefox

  6. Centang data apa saja yang ingin dipindahkan ke Firefox, lalu klik tombol Next.

    Pilih Data yang akan Dipindahkan

  7. Proses pemindahan selesai, tahap terakhir klik tombol Finish.

Mulai sekarang data pada Google Chrome telah disalin ke Firefox. Dan browser Google Chrome dapat dihapus apabila tidak ingin menggunakannya lagi. Secara keseluruhan data yang dipindahkan sudah lengkap, bahkan juga termasuk password yang tersimpan pada browser.

Baca juga: Tutorial Memperbarui Versi Browser Mozilla Firefox

Apakah Data Browsing Tetap Aman Setelah Dipindahkan?

Apabila kamu ragu terhadap data, misalnya password yang tersimpan atau cookies, jawabannya adalah AMAN. Proses perpindahan ini berlangsung layaknya melakukan konversi saja. Kamu pun juga bisa melakukan langkah diatas dalam kondisi koneksi internet tidak menyala.

Tak cuma di Firefox saja yang memiliki fitur untuk migrasi data dari browser lain, namun pada kebanyakan browser juga memiliki fitur yang sama, baik itu di Chrome sekalipun. Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai tutorial diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment