≡ Menu

Solusi Hotspot Tidak Bisa Dihidupkan di Android

Solusi Hotspot Tidak Bisa Dihidupkan di Android

Cara paling mudah untuk berbagi koneksi internet dengan teman atau kerabat adalah menggunakan fitur Hotspot yang ada di ponsel. Dan semua ponsel Android memiliki fitur tersebut langsung dari bawaan sistem tanpa harus memasang aplikasi tambahan.

Fitur Hotspot yang ada di HP Android memiliki fungsional yang pintar, dimana pemilik ponsel dapat mengatur segala hal dari SSID dan keamanan tanpa ada batasan sama sekali. Selain itu koneksi internet yang disebarkan bisa dibatasi secara otomatis, sehinga seluruh perangkat yang tersambung bisa kebagian koneksi internet secara rata.

Adapun kendala yang kadang terjadi terhadap fitur hotspot di android, yaitu tidak bisa dihidupkan padahal sebelumnya bisa digunakan dengan lancar. Namun kendala sejenis ini sangat jarang terjadi dan mungkin hanya di sebagian ponsel saja.

Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Dihidupkan pada HP Android

Kejadian hotspot yang bermasalah di ponsel bisa disebabkan banyak hal. Sehingga artikel ini akan menunjukan beberapa cara mengatasi paling mudah. Dan cobalah mulai dari yang pertama, supaya lebih efektif.

Tata cara yang akan dibahas disini akan sangat efektif terhadap ponsel Android yang tidak berstatus ROOTED, sebab jika ponselnya sudah diroot, memungkinkan kendalanya sudah memasuki sistem dan untuk mengatasinya hanya dengan cara terakhir.

1. Pastikan Koneksi Internet Tersedia di Ponsel

Disebagian ROM ponsel, sistemnya akan meminta untuk mengaktifkan data internet sebelum bisa mengaktifkan hotspot. Jika ponsel sedang tidak memiliki data internet yang aktif, maka tombol untuk mengaktifkan hotspot tak bisa ditekan (greyed out).

Jadi solusinya adalah mengaktifkan data seluler terlebih dahulu sebelum mengaktifkan hotspot. Jangan mengaktifkan jaringan WiFi sebagai penyalur koneksi internet, sebab WiFi akan secara otomatis dimatikan ketika hotspot dinyalakan.

2. Restart Ponsel dan Hidupkan Hotspot Kembali

Siapa tahu hal kecil dapat berpengaruh besar. Tapi me-restart perangkat sangat disarankan juga untuk mengetahui bahwa permasalahannya hanya sekedar malfungsi biasa. Sebab kinerja ponsel tak bisa diprediksi dan bisa terjadi kapan saja.

Cobalah untuk memulai ulang ponselnya sekali saja, lalu hidupkan data seluler, kemudian mulai hidupkan hotspotnya. Jika itu berhasil, berarti kendala yang dialami hanyalah malfungsi, bisa jadi dari aplikasi yang baru-baru ini dipasang atau lain-lain.

3. Cek Konfigurasi Hotspot pada Ponsel

Apakah kamu yakin telah mengatur semua setelan pada hotspot sebelum menghidupkannya? Siapa tahu tidak semua dari itu sudah diatur dengan benar, dan sebaiknya tinjau terlebih dahulu sebelum mengaktifkannya.

Silakan menuju Pengaturan > Pengaturan Nirkabel Lainnya > Menambatkan & Hotspot Portable. Selanjutnya dibagian sini, silakan atur segala hal termasuk SSID, beserta keamanan (sandi). Dan jika sudah diatur dengan benar, cobalah untuk menghidupkan hotspotnya kembali.

4. Matikan Fitur Penghematan Baterai

Fitur penghematan energi kadang berpotensi terjadinya konflik terhadap beberapa fitur ponsel. Biasanya fitur penghematan tersebut bekerja seperti menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Solusinya adalah mematikan sementara fitur penghematan baterai di ponselnya lalu mencoba mengaktifkan hotspot lagi. Dan jika ini berhasil, jangan lupa untuk mengakttifkan fitur penghematan baterai lagi apabila hotspot sudah tidak digunakan.

5. Lakukan Pembaruan Terhadap Ponsel Android

Jika kondisi pada ponselnya sekarang terdapat pembaruan yang tersedia, sebaiknya silakan untuk diperbarui terlebih dahulu. Bisa jadi kendala yang terjadi pada hotspot ini adalah semacam bug yang telah dikenali dan diperbaiki pada pembaruan itu.

6. Mereset Penuh Ponsel

Ini merupakan cara terakir apabila seluruh langkah diatas tak ada yang berhasil sama sekali. Bisa jadi kendala yang dialami terjadi pada sistem, sehingga untuk mengatasinya hanyalah mereset penuh ponselnya.

Selain me-reset, kamu juga bisa melakukan flashing. Tingkat keberhasilan pada langkah terakhir ini sangat besar dan pastinya segala permasalahan yang terjadi pada ponsel sebelumnya bisa hilang.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Kesimpulan

Hotspot yang tidak bisa dihidupkan disebabkan oleh banyak faktor, namun terkadang itu bisa diselesaikan dengan cara yang sederhana seperti me-restart perangkat. Cara yang sederhana tersebut hanya berlaku untuk ponsel non-rooted.

Jika kejadian ini terdapat pada ponsel yang sudah diroot, misalnya pada suatu custom ROM, maka untuk mengatasinya akan lebih sulit. Sebab kesalahannya sudah memasuki sistem dan solusinya hanya bisa dengan mereset atau flashing ulang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment