≡ Menu

Tutorial Instalasi XMRig Proxy di Ubuntu

XMRig Proxy adalah suatu alat yang bisa dipakai untuk mengelola banyak worker menjadi satu miner yang besar. Sangat cocok digunakan pada kondisi sedang memiliki banyak sekali worker, misalnya ratusan worker atau bahkan ribuan.

Dengan bantuan XMRig Proxy, kamu takkan memberi beban yang tinggi terhadap pool tujuan, karena yang bekerja penuh adalah server proxynya. Di lain sisi juga ada beberapa alat proxy yang menyerupai, namun yang paling mudah sekali untuk digunakan hanyalah XMRig Proxy.

Mengapa XMRig Proxy? Karena kamu tidak perlu memasang banyak hal, dan proses setupnya sangatlah sebentar. Serta server VPS yang dibutuhkan tidaklah tinggi, dengan RAM 1GB dan 1 vCPU juga sudah cukup.

Tutorial Install XMRig Proxy di Ubuntu

Akan ada beberapa langkah saja untuk proses instalasi ini. Namun sangat disarankan RAM pada server minimal adalah 1GB, jangan kurang dari itu supaya proxy dapat berjalan lancar dan tentunya kuat untuk banyak worker.

Tutorial ini diterapkan pada Ubuntu 16.04. Silakan ikuti langkah instalasinya mulai dari sini.

Tingkatkan Ulimit atau Open Files

Secara normal, ulimit pada VPS dengan spesifikasi 1 vCPU kurang lebihnya adalah 1024. Dan tentunya itu masih kurang. Tapi kamu bisa menambahnya dengan perintah berikut ini:

ulimit -n 65000

Setelah mengaturnya, silakan re-login ke terminal/SSH dan lihat dengan perintah ulimit -n dan pastinya kini hasilnya adalah 65000. Dan dari sini, proses instalasinya bisa langsung dimulai.

Instalasi XMRig Proxy

Setelah meningkatkan ulimit, kini adalah proses instalasinya. Sekilas ini hanya seperti memasang XMRig saja, dan nyaris tak ada bedanya, dimana alat yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Pertama instal terlebih dahulu beberapa alat yang dibutuhkan.

sudo apt install git build-essential cmake libuv1-dev uuid-dev libmicrohttpd-dev libssl-dev -y

Selanjutnya salin folder XMRig Proxy langsung dari Github memakai perintah GIT.

git clone https://github.com/xmrig/xmrig-proxy.git

Lalu buat direktori baru bernama build yang bertujuan untuk menaruh hasil compile nantinya.

mkdir xmrig-proxy/build
cd xmrig-proxy/build

Setelah itu jalankan perintah dibawah ini untuk persiapan meng-compile.

cmake ..

Dan jika sudah selesai, sekarang adalah proses instalasinya. Gunakan perintah dibawah ini.

make

Apabila proses instalasi selesai, di folder build akan tersedia file executeable bernama xmrig-proxy. Tapi itu takkan bisa digunakan tanpa adanya konfigurasi, maka berikut ini langkah untuk mengatur konfigurasinya.

Baca juga: Tutorial Menginstal XMR Node Proxy di VPS

Mengatur Konfigurasi XMRig Proxy

Sebenarnya konfigurasinya tak jauh beda dengan XMRig. Dimana kamu hanya perlu menyiapkan file konfigurasi yang berisi pool tujuan dan juga port yang akan digunakan untuk membuat proxy ini bekerja.

Untuk pembuatan konfigurasi sangatlah mudah, silakan gunakan fitur Configuration Wizard yang telah disediakan oleh XMRig. Dan pada bagian Pools, klik pada Proxy untuk mengatur Port.

Setelah mengatur semuanya, nantinya kamu akan diberikan konfigurasi dalam bentuk file JSON. Silakan salin konfigurasi tersebut dan kemudian buatlah file baru bernama config.json di folder build yang dibuat tadi.

Paste atau tempel konfigurasi yang habis disalin dan simpan filenya. Setelah itu coba akses ./xmrig-proxy untuk mengetahui berhasil tidaknya.

Jika tidak dapat dibuka, kemungkinan besar terdapat kesalahan pada konfigurasinya, dan silakan untuk dicek lagi. Dan sebagai saran dari Saya, jalankan program proxy tersebut pada tmux atau screen supaya dapat dikontrol dengan mudah.

Instalasi XMRig Proxy di Ubuntu

Sampai sini pasti XMRig Proxy yang kamu miliki telah berjalan dengan normal. Yang terpenting dalam mengontrolnya hanyalah dari konfigurasinya, baik itu menambah pool tambahan atau port lagi. Tapi jika kamu memiliki suatu kendala, sangat disarankan untuk berkomentar pada kolom yang telah disediakan dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment