≡ Menu

Cara Menghilangkan PIN di Windows 10

Cara Menghilangkan PIN di Windows 10

Windows 10 memiliki banyak fitur keamanan, antara lain seperti password, PIN, hingga fingerprint. Dengan mengaktifkan salah satu dari itu, tentunya keamanan perangkat akan terjaga dan begitupula terhadap privasi.

Namun ada kalanya kamu sudah tidak membutuhkan fitur keamanan tersebut dengan alasan tersendiri, misalnya ribet ketika ingin membuka perangkat atau sebagainya. Nah, jika sebelumnya kamu memakai kunci keamanan ganda, misalnya password dan juga PIN. Maka dengan mematikan kunci password, akan membuat fitur Windows Hello PIN akan aktif.

Untuk menonaktifkan PIN tersebut sebenarnya sangatlah mudah. Jadi setelah PIN telah dihilangkan, kamu takkan ditanyai lagi keamanan terkait PIN dan bisa langsung menggunakan komputer/laptop untuk menuju desktop.

Tutorial Menghapus PIN di Windows 10

  1. Klik START dan menuju Settings (ikon roda gigi).

    Menuju Setelan Windows 10

  2. Kemudian klik menu Accounts.

    Klik Menu Accounts

  3. Menuju tab Sign-in Options.

    Menuju Tab Sign-In Options

  4. Pada bagian PIN, klik tombol Remove.

    Menghilangkan PIN di Windows 10

  5. Akan muncul peringatan, lanjutkan klik tombol Remove.

    Menghapus PIN di Windows 10

  6. Selesai, PIN berhasil dihapus.

Saat menghapus PIN, kamu akan ditanyai kata sandi terhadap akun saat ini. Pastikan kamu menuliskan sandi dengan benar supaya PIN dapat terhapus. Hal tersebut diterapkan demi keamanan, supaya tidak ada orang lain yang mengganti atau menghapus PIN, alias hanya pemilik komputer yang memiliki password saja yang dapat mengelola PIN.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur VPN pada Windows 10

Kesimpulan

Untuk bisa menghapus PIN, kamu harus mengetahui password akun lokal yang ada di Windows. Dan sebenarnya fitur PIN takkan bisa diaktifkan tanpa membuat password/sandi terlebih dahulu.

Jika kamu lupa terhadap password akun saat ini, silakan pakai fitur Reset Password yang ada di layar saat hendak login. Maka sistem akan menunjukkan sebuah hint yang pernah kamu buat untuk mengingat password.

Fitur PIN pada windows 10 tak hanya dipakai pada saat masuk ke desktop saja. Melainkan itu juga bisa dipakai untuk mengamankan banyak hal, baik itu pada suatu aplikasi, atau ketika melakukan pembayaran. Yang pasti memakai PIN terasa lebih praktis jika dibandingkan sandi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment