≡ Menu

Solusi GTA V PC Tidak Bisa Dibuka

Siapa sih yang tidak kenal dengan game GTA V? Merupakan game sandbox yang memiliki alur cerita yang super keren dan begitupula dengan grafisnya yang sangat memukau. Game tersebut sangat laris dan masih terus dimainkan sampai sekarang ini.

Tidak banyak masalah yang terjadi di GTA V, tapi beberapa orang mengalami kendala dimana tidak dapat masuk ke game tersebut dan terus saja keluar secara otomatis ataupun muncul tampilan blank hitam saja.

Masalah tidak bisa masuk ke Game GTA V bisa dipicu oleh beberapa sebab. Namun akan lebih mudah untuk diatasi apabila muncul semacam error atau kesalahan pada suatu dialog saat membuka game ini. Dan berikut ini beberapa solusinya.

Solusi GTA V PC Tidak Bisa Dibuka

Menginstal Directx dan Vcredist

Untuk solusi ini lebih ditujukan untuk kesalahan terhadap file DLL yang tidak lengkap. Jadi apabila ketika membuka game muncul notif bahwa terdapat suatu file DLL yang missing atau tidak ditemukan, silakan instal Directx dan jug Vcredist.

Kamu bisa mengunduh kedua alat tersebut melalui situs official Microsoft. Dan setelah menginstalnya, pasti notif tersebut sudah hilang dan GTA V dapat dimainkan dengan normal.

Baca juga: Cara Mengatasi “msvcp100.dll is missing” di Windows

Aktifkan NET Framework

Bisa jadi kamu habis memasang suatu mod pada game sehingga kini tidak bisa membukanya atau muncul kesalahan terus menerus saat game tersebut dimulai. Dan bisa jadi hal tersebut akibat PC belum mengaktifkan NET Framework.

NET Framework dibutuhkan untuk kebanyakan mod atau bahkan game itu sendiri. Dan untuk mengaktifkannya sangatlah mudah, cukup menuju START dan ketik Turn on Windows Feature. Lalu centang pada NET Framework dan reboot.

Mengaktifkan NET Framework di Windows

Nonaktifkan Antivirus dan Firewall

Menonaktifkan Antivirus memang bukan pilihan yang tepat, akan tetapi cara ini bisa digunakan untuk mengatasi GTA V yang tak dapat dibuka. Baik itu membuka game ataupun pada Social Club. Karena bisa jadi program antivirus yang kamu gunakan sedang memblokir host tujuan atau server game.

Tidak perlu khawatir selama game GTA V kamu original, segalanya akan aman. Dan pastikan tidak hanya antivirus saja, namun firewall juga lebih baik untuk dimatikan sementara selagi bermain game. Untuk mematikannya, silakan menuju bagian Windows Defender Settings melalui START.

Menonaktifkan Firewall untuk Mengatasi GTA V Tidak Bisa Dibuka

Instal Ulang GTA V

Jika beberapa solusi diatas tidak berhasil, maka pilihan terbaik untuk mengatasinya hanyalah menginstal ulang gamenya. Dan dengan melakukannya, kamu takkan kehilangan save data terhadap game. Jadi saat proses instal ulang selesai, kamu dapat melanjutkannya lagi tanpa memulai dari awal.

Tapi untuk jaga-jaga, silakan cadangkan folder “Documents\Rockstar Games” karena itu adalah tempat untuk menyimpan save data seluruh game Rockstar, termasuk GTA V ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment