≡ Menu

Penyebab Postingan Hilang di Instagram

Penyebab Postingan Hilang di Instagram

Instagram tak hanya digunakan untuk sekedar menyimpan foto atau video yang ada di ponselmu, namun itu juga dapat digunakan untuk menjalin pertemanan dengan orang disekitar. Sangat penting untuk melindungi akun, apalagi jika itu akun pribadi dengan foto diri sendiri.

Ada kalanya kamu pernah mengunggah sebuah foto atau video dan kemudian itu menghilang dengan sendirinya tanpa disadari. Biasanya seseorang akan langsung beranggapan bahwa terdapat seseorang yang mengubahnya, tapi dibalik itu, pastinya terdapat penyebab tersendiri mengapa konten atau postingan bisa hilang.

Instagram juga menyediakan fitur Story yang akan menyimpan konten untuk 24 jam saja, itu sangat wajar jika esok hari sudah menghilang. Namun tidak wajar apabila yang menghilang adalah konten yang diunggah pada akun.

Penyebab Konten atau Postingan Menghilang di Instagram

1. Postingan Melanggar Pedoman Instagram

Sistem Instagram sangat sensitif terhadap konten yang melanggar ketentuan komunitas. Jika postingan kamu termasuk jenis yang melanggar, maka sistem akan langsung menghapusnya. Namun Instagram biasanya akan mengirimkan notifikasi.

Notifikasi tersebut kadang tidak muncul dari aplikasi, namun dikirimkan melalui pesan email. Inilah yang membuat orang tidak paham mengapa postingannya bisa menghilang tanpa adanya pemberitahuan dari aplikasi.

2. Konten Dilaporkan oleh Banyak Orang

Apabila suatu postingan dilaporkan oleh banyak orang, misalnya ratusan akun Instagram lain, maka kemungkinan besar postingan itu akan hilang sementara sampai ada tinjauan ulang dari Instagram.

Kamu akan mendapatkan notifikasi terkait hal ini dan bisa mengajukan banding apabila postingan yang diunggah sekiranya tidak melanggar pedoman Instagram. Namun jika sekiranya konten yang kamu unggah memang melanggar, maka takkan ada cara lain untuk mengembalikannya.

Apalagi yang dilaporkan adalah akun, atau dengan maksud bukan satu postingan saja. Jika laporan itu disetujui oleh Instagram, maka seluruh postingan pada akun Instagram kamu akan dihapus bersih apabila benar melanggar.

3. Postingan Telah Diarsipkan

Kadang kira tidak sadar saat mengetuk sesuatu pada layar sehingga itu bisa saja membuat postingan tiba-tiba hilang layaknya terhapus. Tapi barangkali itu tidak terhapus, melainkan masuk pada folder Arsip.

Folder Arsip di Instagram bertujuan untuk menyimpan foto pada galeri pribadi, sehingga tidak ada orang yang mengetahui terhadap postingan yang telah diarsipkan. Tapi kamu masih bisa mengembalikan postingan pada arsip menjadi normal kembali.

Baca juga: Cara Sembunyikan Foto atau Video Sementara di Instagram

4. Akun Diretas oleh Orang Lain

Jika akun diretas, biasanya bukan cuma postingan saja yang menghilang, akan tetapi username juga diganti oleh peretas tersebut. Apabila ini terjadi, segeralah untuk me-recover akunnya melalui email atau nomor telepon yang tertaut pada akun.

Postingan yang telah dihapus oleh peretas takkan bisa kembali lagi, namun kamu bisa mencoba menghubungi Instagram untuk bertanya terkait kendala ini.

5. Kesalahan Sementara pada Sistem Instagram

Tak ada sistem yang sempurna, kesalahan juga bisa terjadi pada server Instagram sehingga segala konten tidak muncul dengan semestinya. Hal ini pernah terjadi dan hanya berlangsng sebentar saja sampai mereka membetulkannya.

Untuk kendala ini, kamu hanya bisa menunggu saja sampai segalanya normal. Dan biasanya ini terjadi untuk semua orang, alias bukan kamu saja yang mengalami. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dari beberapa penyebab diatas, pasti ada salah satu yang mengakibatkan postinganmu di Instagram bisa hilang dengan sendirinya. Selama postingan itu tidak melanggar, kamu masih bisa mengunggah ulang. Dan jangan lupa untuk membuka pesan di email, karena kadang mereka mengirimkan notifikasi lengkap disana.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment