≡ Menu

Mengatasi Windows Update Tidak Jalan atau Macet

Mengatasi Windows Update Tidak Jalan atau Macet

Pembaruan yang ada di Windows 10 normalnya dilakukan secara otomatis kecuali feature update sejenis pergantian versi. Tapi pengguna juga bisa mengecek pembaruan secara manual dengan menuju bagian setelan Windows Update.

Hal yang paling dibenci oleh banyak orang ketika ada pembaruan mungkin hanya satu, yaitu prosesnya yang tergolong lama. Kadang ada pembaruan yang cepat, adapula yang lambat, tergantung dari jenis pembaruan itu sendiri.

Tapi satu masalah yang paling sering dialami adalah macet atau proses update tidak jalan, sehingga loadingnya tetap sama dan tidak bergerak meski menunggu lama. Jika kamu mengalaminya juga, silakan simak artikel ini untuk mulai mengatasinya.

Solusi Windows Update Tidak Jalan

Sebelum mulai mengatasinya, ketahui terlebih dahulu bahwa beberapa update pada Windows memang memakan waktu yang tidak sebentar dan tergantung dari kecepatan koneksi internet perangkat. Jadi cek terlebih dahulu apakah koneksi internet saat ini stabil? Sebab siapa tahu itu penyebab utamanya.

Jika kamu mendapati bahwa koneksi internet ternyata stabil, silakan ikuti langkah dibawah ini untuk mengatasi Windows Update yang macet atau loadingnya tidak jalan.

  1. Tekan WIN+R dan ketik services.msc dan ENTER.

    Menuju Services Windows

  2. Gulir kebawah dan Klik Kanan pada Windows Update.

    Klik Kanan dan Stop Windows Update

  3. Kemudian pilih STOP.
  4. Sekarang minimize Services dan menuju Explorer ke direktori C:\Windows\SoftwareDistribution.

    Mengatasi Windows Update Tidak Jalan

  5. Hapus semua folder dan file yang ada disana.
  6. Sekarang buka kembali tab Services, dan klik kanan pada Windows Update.

    Menghidupkan Service Windows Update

  7. Dan pilih START.

Seusai melakukan solusi diatas, sekarang silakan coba kembali tekan tombol Check for Updates pada Setelan Windows Update. Pastinya kini proses unduhan berjalan dengan normal kembali.

Baca juga: Tips Ampuh Mempercepat Update Windows 10

Kesimpulan

Solusi diatas ibaratnya seperti mengulangi proses update saja supaya segalanya kembali normal. Jadi segala hal yang sudah diunduh sebelumnya akan dihapus dan tergantikan lagi dengan yang baru.

Cara diatas tidak akan berdampak apapun dan proses update pun juga akan berjalan seperti biasanya. Jadi kesimpulan dari langkah diatas sangatlah sederhana, kamu hanya perlu untuk mematikan proses sementara terhadap Windows Update, dan kemudian menghapus unduhan sebelumnya yang macet, dan setelah itu mengaktifkan proses Windows Update kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment