≡ Menu

Cara Membersihkan File Sampah dari Chat Telegram

Cara Membersihkan File Sampah dari Chat Telegram

Beberapa aplikasi chat memiliki persamaan dalam hal menyimpan berkas saat melakukan konversasi. Baik itu stiker, gambar, video, atau file yang lainnya. Biasanya aplikasi chat akan mengunduh otomatis suatu file yang dikirimkan oleh seseorang, dan file tersebut akan terus tersimpan selama chat masih ada.

Tapi suatu chat kadang masih bersifat penting, yang mana kamu tidak ingin menghapusnya karena suatu alasan tersendiri. Namun ada cara khusus untuk menghapus seluruh file sampah, baik itu gambar atau video yang ada di chat tersebut supaya tidak membebani penyimpanan ponsel, dan tentunya tanpa perlu menghapus chat.

Metode menghapus sampah di Telegram nyaris sama seperti di WhatsApp. Karena file sampah tersebut tersimpan pada direktori khusus pada penyimpanan telepon ataupun kartu memori. Jadi yang perlu dilakukan hanyalah menemukan direktori tersebut dan menghapus isi dari folder didalamnya.

Cara Hapus File Sampah dari Chat Telegram

Cara yang dibagikan disini dikhususkan untuk perangkat Android dan tidak untuk komputer. Berlaku juga untuk ponsel iOS selama direktori penyimpanan file masih sama. Silakan simak cara membersihkan file sampah tersebut, dibawah ini.

  1. Buka aplikasi File Manager.
  2. Cari direktori bernama Telegram. Baik itu di Penyimpanan Internal atau Eksternal.

    Cari Folder Telegram

  3. Jika sudah ketemu, nantinya akan ada beberapa sub-folder.

    Sub Folder di Telegram

  4. Coba masuk ke folder Telegram Video.
  5. Akan muncul file video dari berbagai chat.
  6. Silakan seleksi semua file dan hapus.

    Menghapus File Sampah Telegram

  7. Lakukan juga pada folder yang lainnya.

Ada sekiranya 4 folder yang tersedia di Telegram. Kamu dapat menghapus seluruh file yang ada di semua folder tersebut, itu takkan mempengaruhi pada chat. Baik itu chat pribadi atau yang ada di grup, ataupun pada channel sekalipun.

Baca juga: Cara Mengubah Nomor Telepon di Telegram

Apakah File Masih Bisa Dikembalikan?

Tentu saja bisa, saat kamu membuka kembali suatu chat di Telegram, sistem akan mengunduh file pada layar secara otomatis, sebagai contoh adalah stiker. Jika file tidak muncul pada layar, maka itu takkan diunduh secara otomatis.

Kamu juga bisa mematikan fitur unduh otomatis tersebut di pengaturan. Namun dengan mematikannya, ini akan berdampak pada kuota data yang tinggi saat membuka chat dengan banyak stiker didalamnya. Karena penyimpanan pada Telegram tersebut juga berfungsi untuk meminimalisir penggunaan data atau kuota.

Jadi pikirkan ulang apabila kamu ingin menghapus kumpulan stiker di folder Telegram. Biasanya ukuran stiker juga tidak terlalu besar. Dan yang harus dihapus tentunya adalah video, sebab satu video saja kadang memiliki ukuran sekitar 30MB. Bayangkan jika ada ratusan video, pasti itu akan membebani penyimpanan di telepon.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment