≡ Menu

Begini Cara Lindungi WhatsApp dengan Sidik Jari

Pada bulan November 2019, WhatsApp kembali menawarkan fitur baru kepada seluruh pengguna berupa keamanan sidik jari. Fitur tersebut berguna untuk melindungi privasi pengguna lebih baik lagi. Karena WhatsApp sendiri sangat mengutamakan privasi bagi semua penggunanya.

Dengan mengaktifkan fitur sidik jari, itu akan membuat aplikasi WhatsApp tampak terkunci, dan saat artikel ini dibuat masih belum ada jenis keamanan yang lain seperti PIN atau POLA. Mungkin suatu saat itu akan ditambahkan untuk melengkapinya.

Disini akan dibagikan tutorial untuk melindungi aplikasi WhatsApp dengan sidik jari. Meski aplikasi terkunci, pemberitahuan akan tetap masuk dengan baik. Jadi saat pemberitahuan tersebut ditekan, barulah muncul dialog yang meminta untuk memindai sidik jari untuk dapat membuka pesan.

Cara Aktifkan Sidik Jari di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk opsi titik tiga disamping kanan atas.

    Ketuk Opsi Titik Tiga

  3. Pilih Setelan.

    Menu Setelan WhatsApp

  4. Kemudian ketuk menu Akun.

    Ketuk Menu Akun

  5. Dan menuju menu Privasi.

    Ke Privasi WhatsApp

  6. Gulir kebawah dan ketuk opsi Kunci Sidik Jari.

    Mengaktifkan Sidik Jari WhatsApp

  7. Aktifkan pada opsi Buka Kunci dengan Sidik Jari.

    Lindungi WhatsApp dengan Kunci Sidik Jari

Saat mulai mengaktifkan fiturnya, kamu akan diminta untuk memindai sidik jari yang bertujuan untuk memberitahukan pada sistem bahwa pemilik ponsel yang telah mengaktifkan fiturnya. Dan untuk menonanaktifkannya pun juga sangat mudah, yang Saya rasa itu tidak perlu dijelaskan lagi.

Dibawahnya juga terdapat pilihan untuk menerapkan kunci keamanan sidik jari tersebut. Jika kamu memilih Segera, maka ketika menutup aplikasi WhatsApp, maka kunci keamanan akan langsung aktif. Sementara itu apabila memilih 10 menit atau waktu yang lainnya, akan diberikan delay sesuai waktu untuk mengunci setelah aplikasi ditutup.

Baca juga: Membuka 1 Akun WhatsApp di 2 Ponsel Berbeda

Penyebab Tidak Ada Fitur Kunci Sidik Jari di WhatsApp

Apakah kamu kesulitan mengikuti tata cara diatas akibat tidak adanya opsi Kunci Sidik Jari yang tampil di Setelan WhatsApp? Hal tersebut bisa disebabkan oleh dua hal, antara lain adalah:

  • Aplikasi WhatsApp belum diperbarui
  • Ponsel tidak mendukung sensor sidik jari.

Jadi pastikan telah memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru untuk dapat menikmati fitur ini. Dan untuk memperbaruinya, silakan menuju Play Store atau Apps Store yang terdapat pada ponselnya.

Sedangkan apabila ponsel kamu tidak mendukung sensor sidik jari, maka takkan ada opsi lain kecuali memakai aplikasi pihak ketiga sejenis App Lock untuk mengunci aplikasi WhatsApp dengan pola atau pin.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment