≡ Menu

Cara Setting Proxy di Terminal Linux

Cara Setting Proxy di Terminal Linux

Salah satu kegunaan dari proxy adalah untuk menyembunyikan alamat perangkat yang kita gunakan. Sehingga seseorang takkan bisa melacak alamat kita melalui IP karena telah tergantikan alamat IP dari proxy.

Di OS Linux, kamu bisa menggunakan proxy untuk keperluan di Terminal lho. Sehingga apa apa saja yang diakses dari Terminal akan ditujukan melalui proxy dan bukan secara direct. Sebagai contoh seperti penggunaam web request dari cURL atau WGET.

Untuk setting proxy di Linux tergolong super mudah, bahkan menyetelnya di desktop pun juga sama mudahnya. Hanya saja artikel ini akan menjelaskan cara menyetelnya untuk Terminal saja.

Tutorial Setting Proxy di Terminal Linux

Hanya butuh sedikit perintah untuk bisa mulai menggunakan proxy. Dan berikut ini beberapa variabel penting yang wajib diketahui sebelum mengaturnya.

  • http_proxy
  • https_proxy
  • ftp_proxy

Jadi sekarang siapkan proxynya. Dan berikut ini perintah untuk menyetel proxy:

export http_proxy=server:port

Perintah diatas adalah contoh untuk menggunakan proxy berjenis HTTP. Kamu bisa mengubahnya sesuai variabel diatas untuk jenis proxy yang digunakan. Dan jika proxy membutuhkan username dan sandi, perintahnya seperti berikut.

export http_proxy=username:[email protected]:port

Untuk mengecek berhasil tidaknya menggunakan proxy. Bisa mencoba mengecek IP perangkat dari terminal. Perintahnya seperti ini curl ifconfig.me. Dan jika hasil menunjukkan alamat IP dari proxy, itu berarti kamu berhasil. Sedangkan jika alamat IP masih belum berubah dan tetap lokal, berarti proxy tersebut tidak bisa digunakan.

Menghapus Proxy pada Terminal Linux

Jika proxy sudah tidak bisa digunakan, sebenarnya kamu bisa langsung mengubahnya dengan cara yang sama seperti diatas. Namun apabila kamu merasa tidak ingin lagi menggunakan proxy, itu bisa dihapus dengan perintah berikut ini.

unset http_proxy

Perintah diatas adalah contoh untuk menghapus proxy berjenis HTTP, untuk jenis yang lainnya silakan ubah seperti pada variabel diatas.

Baca juga: Tutorial Install Squid Proxy di VPS Ubuntu

Menyetel Proxy dengan Bantuan Proxychains

Cara diatas tadi memiliki batasan, dimana tidak bisa mengatur proxy dengan jenis SOCKS. Sedangkan memakai bantuan proxychains, hal tersebut bisa dilakukan. Pertama-tama silakan instal terlebih dahulu.

sudo apt-get install proxychains -y

Jika sudah dipasang, cukup atur konfigurasinya.

sudo nano /etc/proxychains.conf

Dibagian paling bawah adalah letak untuk menambah proxy. Secara default disana telah diberikan contoh untuk mengatur proxy dengan jenis socks terhadap server localhost. Silakan hapus dan ganti dengan proxy yang telah kamu siapkan. Contohnya seperti ini.

http server port

Jika sudah mengaturnya, silakan simpan dan untuk mencoba berhasil tidaknya, pakai perintah berikut ini.

proxychains curl ifconfig.me

Jadi kesimpulannya cukup tambahkan perintah proxychains dibagian awal setiap perintah untuk mengakses melalui proxy. Jika proxy tidak bekerja, nantinya akan muncul tulisan Access Denied, dan silakan ganti dengan proxy aktif yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selmaat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment