≡ Menu

Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

Walau saat ini Bluetooth jarang sekali digunakan untuk melakukan transfer media karena terganti dengan teknologi baru (wireless) yang lebih effisien, namun Bluetooth masih dipakai oleh beberapa orang untuk mendengarkan musik, mengirim file ukuran kecil, dan sebagainya.

Jadi apakah menurutmu Bluetooth yang ada di kebanyakan laptop kini masih penting? Menurut Saya sendiri itu masih penting untuk mengirim file dokumen dengan ukuran kecil. Tapi kadang ada sedikit masalah saat menggunakan Bluetooth pada perangkat laptop, yakni tidak terdeteksi di perangkat lain.

Itu sebenarnya bukanlah sebuah masalah, karena yang perlu kamu lakukan hanyalah menyetel supaya Bluetooth tersebut dapat terdeteksi pada perangkat lain. Adapun alasan mengapa Bluetooth tersebut visibilitasnya dinonaktifkan, yang pasti itu merujuk pada keamanan.

Solusi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

Jika perangkat sudah terjalin atau melakukan pairing, tentunya meski visibilitas Bluetooth tidak aktif, akan tetap dapat terdeteksi. Dan untuk melakukan pairing, akan dijelaskan dibawah nanti. Untuk saat ini, kita bahas cara membuat Bluetooth di laptop terdeteksi terlebih dahulu.

  1. Klik kanan pada ikon Bluetooth di toolbar.
  2. Pilih menu Open Settings.

    Klik Open Settings

  3. Gulir kebawah dan klik More Bluetooth Options.

    Klik More Bluetooth Options

  4. Pada bagian Discovery, centang pada opsi Allow Bluetooth devices to find this PC.

    Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

  5. Setelah itu klik tombol OK.

Kini coba pindai ulang, pasti Bluetooth sudah terdeteksi. Dan nama Bluetoothnya pun akan menyerupai dengan nama laptop yang telah diatur saat ini. Tapi jika masih tidak muncul, silakan matikan terlebih dahulu Bluetooth di laptopnya, dan kemudian hidupkan lagi.

Baca juga: Cara Mengendalikan Ponsel Android dari Jarak Jauh

Melakukan Pairing Bluetooth di Laptop

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa melakukan pairing ini bisa membuat perangkat yang telah ter-pair atau terjalin dapat melihat nama Bluetooth pada laptop bahkan meski visibilitasnya dinonaktifkan.

Untuk melakukan itu sangatlah mudah, masih sama diawali dengan klik kanan pada ikon Bluetooth di toolbar dan memilih Open Settings. Selanjutnya klik pada tombol Add Bluetooth or Other Device.

Melakukan Pairing Bluetooth

Pada menu yang disediakan, pilihlah Bluetooth dan nantinya akan muncul perangkat kamu yang ingin di-pair. Klik tombol Connect dan begitupula pada perangkat lain. Jika di ponsel, klik tombol OK.

Jika sudah, nantinya perangkat kamu akan tampil pada bagian Other Device. Kini mengirim file atau menerima file dapat dilakukan meski visibilitas Bluetooth dimatikan. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment