≡ Menu

Cara Meningkatkan Performa Tablet Android yang Lambat

Cara Meningkatkan Performa Tablet Android yang Lambat

Tablet Android dikenal memiliki layar yang lebih besar dibanding ponsel. Kebanyakan tablet digunakan untuk bermain game supaya lebih nyaman dan leluasa, tapi adapun sebuah tablet yang lama-lama performanya tidak sebagus saat awal kali memakainya.

Menurunnya performa pada tablet bisa disebabakan karena banyak hal, salah satunya adalah kebanyakan memasang aplikasi. Namun dengan sedikit cara, kamu bisa memulihkan performa tersebut dan membuat tablet android cepat lagi seperti sedia kala.

Cara Tingkatkan Performa Tablet Android

1. Restart Tablet Android

Memulai ulang perangkat adalah salah satu hal yang sangat disarankan untuk mengatasi perangkat yang lambat. Ini akan secara otomatis menghentikan proses dari aplikasi yang sebelumnya pernah dibuka.

Untuk itu apabila tablet kamu terasa lambat, cobalah untuk me-restart nya terlebih dahulu. Jika tidak mengerti bagaimana cara me-restart, cukup matikan dan kemudian hidupkan tablet. Sangat sederhana sekali bukan?

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Terkadang suatu aplikasi masih dapat berjalan pada proses latar belakang akibat memulai secara otomatis disaat perangkat dihidupkan. Maka dari itu, kita tidak sadar aplikasi apa saja yang sedang berjalan saat ini secara tersembunyi.

Dengan menghapus aplikasi yang dirasa tak pernah digunakan, tentu ini akan membuat kapasitas RAM menjadi lebih banyak dibanding sebelumnya. Sehingga kejadian lambat atau lemot bisa di minimalisir.

3. Update Tablet Android, Jika Ada

Setiap adanya update atau pembaruan terhadap perangkat lunak, itu akan membawa perbaikan pada versi saat ini yang sedang digunakan. Siapa tahu pembaruan itu juga memiliki perbaikan terhadap stabilitas, seperti mengurangi lag saat bermain game.

Untuk melihat adanya pembaruan perangkat lunak, silakan menuju ke Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak. Di beberapa ponsel, fitur untuk memperbarui juga bisa ditemukan pada bagian menu Tentang Ponsel. Pastikan koneksi internet tersedia ketika hendak mengecek pembaruan.

4. Kurangi Widget pada Layar

Widget yang terlalu banyak sebenarnya tidaklah bagus untuk performa tablet. Meski itu terlihat bagus terhadap tampilannya, namun itulah yang menyebabkan tablet android menjadi lambat. Jadi ada baiknya untuk menggunakan setidaknya 1 atau 2 widget saja dan hapus widget lainnya.

Menggunakan widget tentunya akan mengonsumsi sedikit kapasitas RAM. Tetapi jika widget sangat banyak yang digunakan pada layar, contohnya pemutar musik, cuaca, dan lain sebagainya, itu akan menimbulkan konsumsi RAM yang tinggi, sehingga tablet menjadi lambat.

5. Gunakan Launcher yang Berbeda

Launcher atau bisa dikatakan sebagai tema pada Android memiliki kegunaan untuk mengontrol aplikasi pada layar. Jika saat ini kamu masih menggunakan launcher bawaan tablet, cobalah untuk menggunakan launcher lainnya.

Sebagai saran seperti Nova Launcher, atau menggunakan launcher yang memiliki ukuran kecil, itu akan lebih baik lagi. Dengan konsumsi RAM yang kecil dari launcher, pastinya aktivitas saat membuka aplikasi pada tablet takkan terganggu lagi.

Baca juga: Inilah Launcher Android Paling Ringan dan Kecil

6. Hapus File Sampah di Tablet Android

Seiring lamanya kamu menggunakan tablet, mungkin takkan pernah sadar terkait file sampah apa saja yang tersimpan saat ini dan belum dibuang. Yang namanya sampah, pastilah merupakan sesuatu yang tidak berarti, dan akan lebih baik untuk dibersihkan guna menambah kapasitas penyimpanan pada memori.

Untuk membersihkan file sesampahan pada tablet, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi semacam Clean Master Lite. Disarankan untuk memakai versi Lite karena ukuran aplikasi yang kecil dan tidak memakan banyak RAM saat dipakai. Cara memakai aplikasi tersebut pun juga mudah, cukup scan atau pindai file sampah dan kemudian dihapus.


Cara terakhir yang bisa dilakukan dan tentunya ampuh adalah melakukan factory reset terhadap tablet. Itu akan menghapus segala dan dan membuat tablet tampak seperti baru lagi. Silakan cadangkan terlebih dahulu data penting sebelum melakukan hal tersebut.

Secara keseluruhan, mempercepat performa tablet android dapat dilakukan dengan beberapa cara diatas. Namun itu juga masih bergantung pada spesifikasi perangkat. Apabila kamu punya tips lainnya, silakan bagikan juga di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment