≡ Menu

Cara Mengubah Ukuran Ikon di Desktop dan Taskbar

Apakah kamu merasa ikon yang ada di dekstop terlalu kecil atau terlalu besar? Pastilah sesuatu yang kurang pas hanya akan membuat kenyamanan dalam menggunakan komputer menjadi terganggu. Tapi tenang saja, karena ikon tersebut dapat disesuaikan ukurannya supaya cocok sesuai selera.

Tak hanya di desktop saja, bahkan kamu juga bisa mengubah ukuran ikon yang ada di taskbar supaya serasi dengan ikon yang ada di desktop. Dan untuk mengubahnya pun sangatlah mudah dan cepat. Untuk itu, simak terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana tata cara menyesuaikan ukuran ikon.

Menyesuaikan Ukuran Ikon pada Desktop

Kebanyakan orang menaruh banyak sekali ikon yang ada di desktop untuk membuka suatu program dengan cepat tanpa perlu mencari lagi. Tapi semakin banyak ikon yang ada di layar, pastinya akan menutupi wallpaper yang digunakan.

Untuk itu, kamu bisa memperkecil ukuran ikon tersebut supaya tidak menutupi wallpaper dan bisa menambah lebih banyak ikon pada layar. Ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk memperkecil ataupun memperbesar ukuran ikon di desktop. Silakan pilih salah satu caranya dibawah ini.

1. Melalui Kombinasi Mouse dan Keyboard

Cara paling cepat untuk mengubah ukuran ikon desktop adalah melalui kombinsai mouse dan keyboard. Jadi kamu hanya perlu menekan tombol CTRL pada keyboard dan setelah itu gunakan skroll mouse untuk mengatur ukurannya.

Skroll mouse keatas akan memperbesar, dan sebaliknya untuk skroll kebawah akan mengecilkan ikon. Tinggal sesuaikan ukuran yang dirasa cocok dan setelah itu lepaskan tombol pada keyboard.

2. Melalui Pengaturan Ikon

Cara kedua adalah melalui pengaturan ikon yang telah disediakan oleh Windows. Caranya juga sama mudahnya, pada desktop silakan klik kanan. Kemudian pilih pada menu View. Dan akan muncul ukuran ikon yang dapat dipilih.

Menyesuaikan Ukuran Ikon pada Desktop

Ada 3 ukuran yang bisa kamu pilih, yakni small (kecil), medium (normal), atau large (besar). Secara default, Windows mengaturnya sebagai medium, jadi apabila kamu merasa ikon terlalu kecil atau terlalu besar, cukup pilih antara small dan large.

Baca juga: Cara Mengganti Warna Taskbar di Windows 7 Aero Theme

Mengubah Ukuran Ikon pada Taskbar

Pada taskbar, kamu hanya bisa mengaturnya normal dan mengecilkannya. Untuk saat ini belum ada fitur dari Windows untuk membesarkan ikon pada taskbar, kemungkinan karena supaya bentuk taskbar tidak berubah hanya akibat ukuran ikon.

Untuk mengecilkan ikon taskbar, silakan klik kanan pada taskbar dan pilih menu Taskbar Settings. Setelah itu aktifkan pada Use Small taskbar Icons. Dan sekejap ukuran ikon pada taskbar akan berubah menjadi kecil.

Mengecilkan Ukuran Ikon pada Taskbar

Untuk mengembalikannya, silakan nonaktifkan pada opsi tersebut. Dan kemungkinan mengecilkan ukuran taskbar ini lebih dikhususkan untuk perangkat dengan layar kecil, jadi dengan mengecilkan ikonnya, tampilan pada layar akan lebih luas karena ukuran taskbar yang ikut mengecil.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment