≡ Menu

Cara Mengubah Resolusi Layar di Windows 10

Secara umum, resolusi layar yang disetel pada Windows akan langsung sesuai dengan resolusi monitor yang digunakan saat ini. Tapi Windows juga menyediakan fitur untuk mengubah resolusi layar untuk keperluan tersendiri.

Misalnya kamu ingin bermain game yang resolusinya mentok HD 720p seperti Point Blank, tentu dengan mengatur resolusi layar yang tepat akan membuat game tersebut dapat dimainkan pada layar penuh dan ikonnya pun tidak akan mengecil.

Semua versi Windows memiliki fitur untuk mengubah resolusi layar dengan mudah. Dan artikel ini akan membagikannya khusus untuk pengguna Windows 10. Jadi kamu bebas mengatur resolusi dan mengembalikannya lagi tanpa ada resiko.

Cara Mengubah Resolusi Layar di Windows 10

Cara Mengubah Resolusi Layar Windows 10

Sebelumnya ketahui juga, untuk sebagian komputer mungkin fitur untuk mengubah resolusi layar ini tidak bisa digunakan atau tak dapat diklik. Tapi kemungkinan 100% berhasil untuk segala laptop. Silakan simak caranya dibawah ini.

  1. Pada tampilan desktop, klik kanan dan pilih Display Settings.

    Klik Display Settings untuk Mengubah Resolusi Layar

  2. Gulir kebawah dan temukan Resolution.

    Gulir dan Menuju Resolution

  3. Sekarang silakan pilih resolusi layar yang ingin digunakan.

    Mengubah Resolusi Layar pada Windows 10

Setelah kamu memilih resolusi, maka Windows akan langsung menerapkannya. Jika kamu mengubah resolusi ke semakin kecil, maka ikon pada desktop dan lain-lain akan membesar, tapi kamu masih dapat menyesuaikan ukuran ikon tersebut dari setelan View Icon pada klik kanan di desktop.

Baca juga: Mengaktifkan Blue Light Filter di Komputer

Mengembalikan Resolusi Layar ke Semula

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memilih resolusi paling atas dan kemudian ukuran layar akan kembali seperti semula. Misalnya disini sebelumnya Saya mengatur dari HD (1280×720) menjadi kembali full HD (1980×1080).

Mengembalikan Resolusi Layar ke Semula

Intinya Windows hanya memberikan opsi untuk mengecilkan ukuran layar dan tidak bisa memperbesar layar. Jadi opsi paling atas adalah ukuran pas layar pada monitor kamu saat ini. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment