≡ Menu

Cara Mengatasi Ukuran Render After Effect Terlalu Besar

Cara Mengatasi Ukuran Render After Effect Terlalu Besar

Adobe After Effect dikenal sebagai program desain paling terbaik hingga sekarang. Khususnya untuk pembuatan motion graphic dan juga visual effect. Terdapat banyak plugin yang akan membantu kamu membuat karya desain lebih baik dan juga hasilnya memuaskan.

Satu hal yang menjadi pandangan buruk terhadap program After Effect adalah ukuran render yang terbilang cukup besar, meski projek video hanya sekitar beberapa detik saja. Sebagai contoh kamu melakukan render terhadap video 10 detik, dan hasil ukuran dari render tersebut adalah sekitar 10GB.

Itu hanya 10 detik, tapi bayangkan jika membuat projek video durasi satu menit, pasti ukurannya seolah tidak masuk akal. Namun tak usah khawatir, karena disini akan dijelaskan bagaimana cara menurunkan ukuran render di Adobe After Effect hingga 90% lebih kecil.

Mengecilkan Ukuran Hasil Render After Effect

Dulunya untuk menurunkan ukuran hasil render, bisa dilakukan dengan cara memasang Quicktime dan memilih format h.264. Akan tetapi kini itu telah dihilangkan pada After Effect versi terbaru sehingga opsi format h.264 tidak ditampilkan lagi dengan alasan kompatibilitas yang kurang baik.

Tapi ada cara alternatifnya, yaitu menggunakan bantuan program bernama Adobe Media Encoder. Itu tidak satu paket dengan After Effect dan kamu harus membelinya dari Adobe. Dan berikut ini tata cara menggunakan Adobe Media Encoder untuk render projek dari After Effect.

  1. Buka projek pada After Effect.
  2. Klik tab Composition dan pilih Add to Adobe Media Encoder Queue.

    Pada Composition, klik Add to Adobe Media Encoder

  3. Tunggu program Media Encoder terbuka, dan nantinya projek akan tampil dibagian Queue.

    Proses Mengecilkan Ukuran Render After Effect

  4. Klik pada opsi h.264 dan tunggu dynamic link server terhubung.

    Klik pada Opsi h264

  5. Nah sekarang kamu bisa menyesuaikan kualitas hasil video disini.

    Menyesuaikan Format Video

  6. Untuk melihat estimasi hasil render, itu ada dibagian bawah.

    Estimasi Hasil Render After Effect

Jadi, mulai saat ini kamu bisa menggunakan bantuan Adobe Media Encoder untuk melakukan render projek After Effect dengan hasil ukuran yang minim. Dan proses renderingnya juga tidak lama, tergantung dari VGA pada perangkat.

Baca juga: Mengatasi VLC Player Macet Saat Memutar Video

Membandingkan Ukuran Hasil Render After Effect dan Media Encoder

Seperti yang dikatakan diatas bahwa kamu dapat mengecilkan ukuran hasil render mencapai 90%, dan itu memang benar. Gambaran dibawah ini adalah perbandingan sebelum (AVI) dan sesudah (MP4) dalam menggunakan Media Encoder.

Perbandingan Sebelum dan Sesudah Render dengan Media Encoder

Durasi video adalah 15 detik, dan bisa dilihat bahwa menggunakan fitur render dari After Effect (AVI) totalnya mencapai 2.8GB, sedangkan menggunakan Media Encoder (MP4) totalnya adalah 17MB. Wow, sangat jauh sekali perbedaannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment