≡ Menu

Mengatasi Tidak Bisa Menerima File di SHAREit

Kebanyakan pengguna Android mungkin sudah paham betul apa itu aplikasi SHAREit. Merupakan aplikasi yang dipakai untuk mengirim atau menerima file dengan sangat cepat menggunakan teknologi WiFi. Bahkan itu bisa 10x lebih cepat jika dibandingkan Bluetooth.

Walaupun SHAREit menggunakan WiFi dalam proses tramsfer atau menerima file, akan tetapi ini juga membutuhkan fitur Bluetooth dan Lokasi yang harus diaktifkan guna untuk melengkapi kinerjanya. Namun satu kendala yang banyak dialami oleh pengguna adalah ketika proses menerima file.

Jadi kinerja SHAREit sebenarnya sederhana, yaitu penerima akan membuat hotspot, dan pengirim akan menyambung ke hotspot penerima. Dan masalahnya adalah ketika penerima tidak kunjung ditemukan pada radar, sehingga ini nyaris mustahil untuk mengirimkan file tersebut.

Mengatasi Tidak Bisa Menerima File di SHAREit

Solusi Tidak Bisa Menerima File Melalui SHAREit

Satu alasan mengapa ponsel penerima tidak muncul di radar adalah terdapat masalah ketika hendak menyalakan hotspot. Karena bahwasanya ketika menekan tombol Menerima, secara otomatis SHAREit akan langsung membuat hotspot dengan nama AndroShare atau sejenisnya.

Jadi ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal ini, silakan simak mulai dari yang pertama.

#1 Pastikan Tidak Dalam Mode Pesawat

Jika saat ini kamu mengaktifkan mode pesawat, hal itulah yang menghambat hotspot dimulai pada ponselnya. Mungkin WiFi memang bekerja dengan baik meski pada mode pesawat, namun itu berbeda pada Hotspot.

Mode Pesawat Aktif Ketika Hendak Menerima File SHAREit

Jadi sekarang silakan tutup aplikasi SHAREit dan matikan mode pesawat, kemudian buka SHAREit dan terima file kembali. Pasti kini ponsel kamu sudah terdeteksi dengan baik pada ponsel pengirim.

#2 Hidupkan Hotspot Secara Manual

Mungkin yang ini terlihat sedikit ribet, tapi disebagian ponsel itu bisa dilakukan sangat mudah melalui panel notifikasi. Jadi kemungkinan besar SHAREit gagal membuat sistem untuk menyalakan hotspot. Sehingga kamu perlu menghidupkannya secara manual.

Menghidupkan Hotspot Secara Manual Melalui Panel Notifikasi

Jika pada ponsel kamu tidak tersedia fitur untuk menyalakan hotspot dari panel notifikasi. Maka silakan menuju Pengaturan > Koneksi > Hotspot Seluler. Dan setelah mengaktifkannya, kini pasti ponselmu sudah terdeteksi pada radar.

Baca juga: Cara Mematikan Iklan Notifikasi di Shareit Android

#3 Melakukan Pairing Secara Manual dengan Kode QR

SHAREit pun mempermudah proses transfer file dengan menyediakan semacam kode QR yang membantu untuk terhubung ke ponsel tujuan tanpa perlu memilih nama perangkat pada radar. Fitur tersebut ada dibagian pojok kanan atas.

Pairing Secara Manual dari Kode QR yang Tersedia pada SHAREit

Namun ketahui juga bahwa fitur pairing dengan kode QR tersebut juga takkan berhasil apabila hotspot pada ponsel penerima sedang bermasalah atau tidak mau menyala. Untuk itu, kamu harus memastikan terlebih dahulu hotspot pada ponselnya menyala, supaya ponsel pengirim berhasil terhubung.

Itulah ketiga cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah gagalnya menerima file pada SHAREit. Satu hal yang pasti sebagai ponsel penerima adalah memastikan hotspot berhasil aktif. Sedangkan ponsel pengirim juga harus memastikan bahwa konektivitas WiFinya tidak bermasalah.

Sebab jika ponsel pengirim memiliki masalah terhadap fitur WiFi yang ada di ponselnya, tentu saja itu akan membuatnya gagal untuk mengirim file tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment