≡ Menu

Mengatasi Munculnya Kesalahan Internal pada Google Analytics

Seseorang kadang selalu rutin mengecek statistik websitenya per beberapa jam sekali, mengetahui setiap perkembangan yang ada. Dan kebanyakan orang menggunakan Google Analytics untuk mengeceknya. Itu merupakan layanan statistik website akurat dan gratis yang disediakan oleh Google.

Google Analytics menyediakan data real-time, sehingga pemilik website dapat mengetahui pengunjung yang sedang aktif pada situs. Namun ada kalnya Google Analytics mengalami galat, sehingga pemilik website tak lagi bisa mengakses data real-time dan muncul notifikasi kesalahan internal.

Jika sistem memunculkan kesalahan internal, kemungkinan besar kejadian tersebut memang dialami secara internal atau bagian sistem Analytics. Dan masalah seperti ini jarang sekali terjadi, dan apabila terjadi pun cuma berlangsung sebentar atau maksimal satu hari. Tapi jika satu hari belum normal, mungkin terdapat masalah lain sehingga notif itu tidak hilang.

Mengatasi Munculnya Kesalahan Internal pada Google Analytics

Solusi Kesalahan Internal pada Google Analytics

Jika lebih dari satu hari kamu masih tidak dapat membuka Google Analytics dan terus muncul notif “Kesalahan internal, Coba lagi nanti“, kemungkinan besar masalahnya ada pada perangkat yang kamu gunakan. Silakan coba beberapa solusi berikut ini.

1. Masuk Ulang ke Akun Google

Silakan keluar dari akun Google yang tertaut dengan Analytics, kemudian silakan masuk lagi. Apakah kini notif tersebut sudah hilang dan bisa mengakses data dengan normal? Jika benar, berarti masalah sebelumnya ada pada cookies di browser.

2. Matikan AD Block pada Browser

AD Block pada browser sebenarnya bertujuan untuk memblokir iklan, akan tetapi adapula suatu ekstensi AD Block yang memblokir tracker untuk menjaga privasi ketika sedang online pada suatu website, sehingga pengguna seolah tidak pernah mengunjungi situs web tersebut.

Cobalah untuk mematikan ekstensi AD Block untuk sementara ketika membuka Google Analytics. Kira-kira apakah kini data sudah muncul dengan baik? Sebagian browser juga memiliki fitur AD Block internal, atau bukan ekstensi, jadi silakan nonaktifkan melalui pengaturan browser.

Baca juga: Histats vs Google Analytics Mana yang Lebih Baik?

3. Bersihkan Cache pada Browser

Silakan ke pengaturan dan hapus cache pada browser yang dipakai sekarang. Untuk kebanyakan browser, kamu bisa menghapus cache dengan cepat melalui kombinasi tombol CTRL+SHIFT+DEL dan setelah itu centang hanya pada cache dan klik tombol Hapus.

Lakukan flush DNS sekaligus, dengan cara membuka Command Prompt (run as administrator) dan ketik perintah dibawah ini, lalu jalankan.

ipconfig /flushdns

4. Coba Akses Melalui Google Analytics Mobile

Jika kedua solusi diatas sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, bisa jadi masalahnya memang dari sistemnya dan semua orang juga mengalami hal yang sama. Tapi cobalah untuk mengakses data melalui Google Analytics Mobile, kamu bisa mengunduh itu di Play Store atau Apps Store.

Analytics Mobile menggunakan API yang berbeda dengan versi WEB, sehingga biasanya jika yang error pada WEB, itu tidak berpengaruh pada Mobile dan sebaliknya. Data yang ditampilkan pada versi Mobile juga terbilang lengkap.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi munculnya notif kesalahan internal pada Google Analytics. Kamu pun juga bisa bertanya pada forum Google Webmaster untuk mengetahui lebih lanjut apakah kendala itu terjadi untuk semua orang atau hanya kamu saja.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment