≡ Menu

Cara Menambah dan Menghilangkan Fitur Panel Edge di Samsung

Cara Menambah dan Menghilangkan Fitur Panel Edge di Samsung

Panel Edge adalah fitur unik yang tersedia pada ponsel Samsung Galaxy kelas atas yang memungkinkan pengguna bisa melakukan berbagai tindakan dengan cepat dari sebuah usapan layar. Namun sayangnya fitur ini tidak hadir pada semua ponsel Samsung Galaxy.

Ponsel yang mendukung fitur ini antara lain adalah Samsung Galaxy S dan Note series. Jadi selain ponsel itu, fitur panel edge ini tidak tersedia dari bawaan dan harus menggunakan aplikasi pihak ketiga apabila ingin memakainya.

Panel Edge merupakan pengaya yang muncul disisi kanan atau kiri ponsel. Dan ketika diusap, akan memunculkan berbagai fitur yang telah terpasang didalamnya, baik itu menu clipboard, kompas, penggaris, berita, atau lain sebagainya.

Cara Menyesuaikan Panel Edge

Kamu bisa menyesuaikan panel edge, dari segi tata letak dan juga segala fitur yang ada didalamnya. Tentu fitur ini sangat berguna, khususnya ketika sedang malas membuka aplikasi untuk melihat berita, dan kamu hanya perlu mengusap layar saja.

Menambah Fitur

Jika kamu merasa fitur yang ada di Panel Edge masih kurang, sebenarnya kamu bisa lho mengunduh fitur lain melalui Galaxy Store dengan kata kunci “edge panel“. Dan setelah mengunduhnya, kamu bisa mulai menambahkannya dengan cara berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk Tampilan.

    Menu Tampilan di Pengaturan

  3. Gulir kebawah dan ketuk Edge Screen.

    Ketuk Menu Edge Screen

  4. Lalu ketuk lagi menu Panel Edge.

    Ketuk Menu Panel Edge

  5. Dan sekarang beri centang pada fitur yang baru diunduh tadi.

    Menambah Fitur Panel Edge di Samsung

Menghilangkan atau Menghapus Fitur

Jika kamu merasa terdapat fitur yang dirasa tidak berguna, itu juga bisa dihilangkan pada Panel Edge. Caranya hampir sama seperti diatas, jadi cukup ikuti sampai langkah ke-4. Setelah itu jangan beri centang pada fitur yang ingin dihilangkan.

Sementara itu apabila kamu lebih ingin untuk menghilangkan Panel Edge pada layar, cukup nonaktifkan saja pada tombol ON/OFF dibagian atas di setelan Panel Edge. Dan setelah itu panel edge takkan muncul lagi disisi samping layar.

Menghilangkan Panel Edge dari Layar

Baca juga: Mengatasi Edge Lighting Tidak Menyala di HP Samsung

Secara umum panel edge telah memiliki beberapa fitur bawaan yang tak dapat dihapus, contohnya seperti fitur Peralatan, Cuaca, Clipboard, dan Berita CNN. Dan untuk menghapus fitur yang diunduh dari Galaxy Store, kamu bisa menuju menu Hapus Instalasi pada pengaturan Panel Edge.

Hapus Instalasi Panel Edge di Samsung

Dan pada ponsel layar lengkung, tentunya panel edge ini tidaklah menganggu penglihatan saat mengoperasikan segala hal. Sementara itu mungkin kamu perlu untuk menonaktifkan sementara hanya ketika menonton film pada ponsel supaya tidak terganggu dengan adanya panel edge ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment