≡ Menu

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome

Masyarakat Indonesia banyak berlangganan paket Wifi dari Telkom Indihome untuk memenuhi kebutuhan internet sehari-hari. Memang benar bahwa Wifi Indihome ini terbukti cepat dan pelayanannya yang sangat mudah dari aplikasi, tapi di sisi lain kadang juga muncul kekurangannya seperti koneksi yang lambat secara tiba-tiba.

Sebagian orang tentunya akan melakukan komplain kepada layanan support terkait hal ini, namun pada dasarnya kendala Wifi yang lambat kadang bukanlah sesuatu yang parah. Bisa jadi itu hanya masalah kecil yang dapat diatasi dengan mandiri.

Sebelumnya, kecepatan koneksi Indihome tergantung dari paket yang kamu pilih ketika mulai berlangganan. Dan adapun cara untuk mempercepat koneksi Wifi tersebut secara sederhana, ini akan meningkatkan kecepatan internet kurang lebih 10%-30% dari sebelumnya. Berikut caranya.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome

Cara Mempercepat Wifi Indihome

1. Pilih Tempat yang Cocok untuk Router

Tidak semua tempat bagus untuk digunakan router. Hindari menempatkan di dekat benda logam dan peralatan yang memancarkan gelombang elektromagnetik supaya jaringan takkan terganggu dan selalu lancar.

Selain itu kamu juga harus memilih tempat yang dirasa seluruh ruangan dapat ter-kover baik oleh signal Wifi nantinya. Misalnya menempelkannya pada tembok dibagian atas, itu bukanlah ide yang buruk, karena Saya sendiri pun menempatkan persis seperti ini.

2. Rutin Mengganti Sandi Wifi

Kita tidak sadar jika suatu saat ada seseorang yang mengetahui sandi Wifi. Jika hanya satu atau dua orang mungkin itu tidak masalah, tapi berbeda lagi jika ada 5 lebih orang yang mengetahuinya, tentu akan berdampak pada kecepatan internet.

Mengganti Sandi Wifi

Bukan bermaksud pelit, namun rutin dalam mengganti sandi Wifi adalah satu-satunya cara yang ampuh untuk membuat koneksi tetap stabil karena terbebas dari banyaknya pengguna Wifi gratisan di sekitar.

Baca juga: Tutorial Mengganti Password WiFi pada Router ZTE F609

3. Beralih ke Channel yang Berbeda

Secara default, channel yang ada di Wifi Indihome diatur sebagai otomatis. Layaknya lalu lintas di jalan raya, terkadang channel pada Wifi kamu memiliki kesamaan pada Wifi terdekat lainnya yang mana ini dapat menghasilkan kemacetan terhadap lalu lintas Wifi karena berada di jalur (channel) yang sama.

Mengubah Channel Wifi Indihome

Solusi paling sederhana adalah beralih ke channel yang lain. Mungkin kamu akan membutuhkan bantuan aplikasi sejenis WiFi Analyzer untuk mengetahui channel antara 1 sampai 11 yang paling jarang digunakan pada Wifi disekitar.

4. Gunakan Teknologi Wifi 802.11n

Pada pengaturan standar di kebanyakan Wifi Indihome, teknologi Wifi yang digunakan adalah IEEE 802.11b/g/n yang mana itu dapat memilihkan secara otomatis kepada jenis perangkat. Namun kamu dapat memaksimalkannya dengan memilih IEEE 802.11n saja.

Mengubah Teknologi Wifi

Faktanya IEEE 802.11n lebih baik dibandingkan b dan juga g. Dari segi jarak, kecepatan, dan juga frekuensi yang mendukung hingga 5Ghz. Beralih ke frekuensi 5Ghz juga lebih bagus, hanya saja ini akan terbatas pada perangkat untuk menyambung ke Wifi tersebut.

5. Jangan Lupa Reboot Router Sesekali

Tips paling mudah dan juga jitu untuk mempercepat koneksi Wifi adalah melakukan reboot terhadap router. Dengan melakukannya, kamu akan mendapatkan IP yang fresh dan berbeda dari sebelumnya. Cukup lakukan ini beberapa hari sekali.

Reboot Router Indihome

Dengan me-reboot atau memulai ulang, seluruh memory sejenis cache pada router akan terhapus bersih dan tentunya hal ini mempengaruhi performa terhadap router secara positif.

Sebagian tips diatas dapat kamu atur langsung melalui halaman admin router. Gambaran pada beberapa tips diatas adalah contoh setelan pada router ZTE F609 karena itu yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Indihome sekarang ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment