≡ Menu

Cara Membuka CMD pada Folder Tertentu di Windows 10

Cara Membuka CMD pada Folder Tertentu di Windows 10

Kegunaan dari CMD (Command Prompt) nyaris sama seperti Terminal yang ada di Linux, yakni mengeksekusi suatu perintah. Membuka CMD melalui START Menu akan langsung ditujukan ke direktori letak user saat ini. Namun apakah bisa membuka CMD pada suatu direktori atau folder tertentu?

Jawabannya adalah bisa. Jika pada Windows 7 membuka CMD pada folder tertentu bisa dilakukan dengan menekan tombol SHIFT sembari klik kanan dan nantinya opsinya akan muncul. Sayangnya menu tersebut tidak dapat muncul pada Windows 10 karena perubahan sesuatu di registry.

Akan tetapi ada cara yang sama mudahnya dari itu, dan ini hanya membutuhkan bantuan Windows Explorer saja. Ingin mengetahui bagaimana caranya? Silakan mulai simak langkah-langkahnya berikut ini.

Tutorial Membuka CMD pada Folder Tertentu

  1. Buka Windows Explorer dan menuju folder yang diinginkan.
  2. Kemudian klik pada kolom alamat folder dibagian atas dan ketik cmd lalu ENTER.

    Ketik CMD pada Kolom Alamat Folder

  3. Sekarang CMD pasti akan muncul sesuai pada folder saat ini.

    CMD Berhasil Muncul pada Folder Tertentu

Tidak begitu sulit kan? Meski ada cara untuk mengembalikan lagi menu untuk membuka CMD saat klik kanan, akan tetapi itu sedikit beresiko karena harus mengubah sesuatu pada registry. Dan setidaknya cara diatas sama mudahnya.

Baca juga: Cara Menjalankan Perintah CMD Secara Bersamaan

Menjalankan CMD dari File BAT

Bisa dikatakan cara diatas tadi sangatlah sederhana untuk dilakukan. Hanya saja memiliki satu kekurangan, yakni tidak bisa dipakai langsung untuk menjalankan CMD dengan perizinan administrator. Dan itu bisa dilakukan dengan cara alternatif ini.

Jadi cara yang kedua ini menggunakan script batch yang dapat dipakai untuk membuka CMD biasa ataupun elevator CMD (administrator). Dan yang diperlukan hanyalah membuat file baru pada folder yang tujuan dengan nama bukacmd.bat dan kemudian edit dan tuliskan kode persis seperti dibawah ini.

cd /d %~dp0
cmd.exe

Setelah itu, silakan klik dua kali pada file bukacmd.bat, pasti CMD akan langsung muncul sesuai pada direktori saat ini. Jika pun ingin membuka CMD sebagai administrator, cukup klik kanan pada file bukacmd.bat, lalu klik pada menu Run as Administrator.

Tidak ada cara yang sulit selama kamu melakukannya dengan benar. Dan selain kedua diatas, kemungkinan masih ada cara-cara yang lainnya lagi yang juga mudah untuk dilakukan. Jika misalnya kamu mengetahuinya, silakan bagikan pada kolom komentar untuk membantu semua orang belajar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment