≡ Menu

Cara Mengubah Video Menjadi GIF, Mudah Banget

Cara Mengubah Video Menjadi GIF, Mudah Banget

Pernahkah kamu melihat gambar yang bisa bergerak? Bisa jadi itu adalah gambar GIF. Kamu akan sering menjumpai gambar GIF di sosial media seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lain sebagainya. Tapi apakah gambar GIF terbuat dari video?

Gambar GIF memang nyaris seperti video, dimana kegunaannya adalah menyimpan banyak frame gambar menjadi satu file saja. Sedangkan kamu bisa-bisa saja merubah video menjadi gambar GIF, dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana caranya.

Sekarang siapkan terlebih dahulu file video yang ingin kamu jadikan gambar GIF. Sangat disarankan untuk memilih video yang memiliki durasi 1 menit atau maksimal 3 menit. Sebab, semakin lama durasi video, mungkin proses pembuatan GIF akan semakin lama.

Mengubah Video Menjadi GIF Secara Online

Kamu bisa mengubah video jenis apa saja menjadi GIF sangat mudah dengan bantuan website bernama Giphy. Silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

  1. Buka website GIPHY.
  2. Klik opsi Choose Video.

    Klik Choose Video untuk Mulai Mengubah Video Menjadi GIF

  3. Tunggu proses upload selesai.
  4. Disisi kanan, kamu bisa mengatur durasi GIF.

    Mengatur Durasi GIF

  5. Lanjutkan menekan tombol Continue to Decorate.
  6. Nah dibagian ini, kamu bisa menambah caption, filter, stiker, atau lain-lain.

    Menambah Caption atau Filter pada GIF

  7. Jika sudah menambahkan sesuatu, lanjut klik tombol Continue to Upload.
  8. Dan klik lagi tombol Upload to GIPHY.

    Klik Tombol Upload to GIPHY

  9. Tunggu proses pembuatan GIF selesai.
  10. Sekarang video kamu berhasil menjadi GIF. Dan bisa langsung dishare ke sosial media.

    Proses Mengubah Video ke GIF Telah Selesai

Jika kamu ingin mengunduh gambar GIF pada Giphy, itu bisa dilakukan melalui aplikasi Android. Jadi saat kamu menekan tombol share, terdapat opsi untuk menyimpan gambar tersebut. Sementara itu jika hanya ingin membagikan di sosial media, kamu bisa langsung memakai tautan yang disediakan pada opsi Copy Link.

Baca juga: Cara Perkecil Ukuran Gambar GIF Secara Online

Membuat Gambar GIF dari Video Melalui Android

Pada ponsel Android, kamu bisa membuat video ke GIF lebih mudah dengan bantuan aplikasi bernama GIF Maker. Tak hanya video saja, namun gambar juga bisa dikonversi menjadi GIF dengan cara yang praktis.

Hasil dari GIF yang dibuat dapat kamu sunting layaknya pada GIPHY, dimana kamu bisa memberikan efek pada gambar, teks, atau lain sebagainya. Dan tentunya kamu bisa menyimpan hasil GIF yang dibuat, atau langsung share ke teman-teman di sosial media.

Penggunaan dari aplikasi ini sangatlah mudah, sehingga tidak perlu lagi dijelaskan panjang lebar. Silakan unduh aplikasi GIF Maker melalui play store. Ukuran dari aplikasi tersebut kurang lebih 25MB dan bisa digunakan mulai dari Android 4.0 keatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment