≡ Menu

Cara Mengaktifkan Emoji di Windows 10

Cara Mengaktifkan Emoji di Windows 10

Fitur emoji pada Windows sebenarnya sudah tersedia sejak Windows 8, namun tampilannya masih hitam putih dan tidak berwarna, serta penggunaannya yang terbilang ribet karena harus mengaktifkan touch keyboard.

Sedangkan pada Windows 10 penggunaan emoji lebih dipermudah dengan bantuan shortcut untuk langsung menampilkan keseluruhan emoji. Dan bagian terbaiknya, kamu bisa mencari emoji dengan kata kunci yang sedang kamu ketik.

Apabila kamu masih belum tahu cara menggunakannya, artikel ini akan menjelaskan tata caranya. Dengan begitu, kamu bisa memakai atau mencari emoji dengan cepat hanya dengan keyboard saja dan tak perlu lagi memakai mouse.

Cara Menggunakan Emoji di Windows 10

Untuk mulai memakai emoji di Windows 10, silakan tekan tombol WINDOWS dan ; (titik koma) secara bersamaan. Jika kebingungan bentuk tombolnya seperti apa, berikut ini gambarannya.

Gambar Keyboard untuk Mengaktifkan Emoji di Windows 10

Nah, setelah itu kotak emoji akan tampil pada layar dan kamu bisa langsung mengetik sesuatu, maka secara otomatis sistem akan memilihkan emoji yang tepat. Contohnya ketika kamu mengetik hati, pastinya nanti akan tampil seluruh emoji hati.

Emoji Hati di Windows 10

Kamu bisa mencari emoji dengan tombol anak panah pada keyboard. Dan untuk memilihnya, tekan tombol ENTER. Smeentara itu jika ingin menghilangkan dialog emoji, cukup tekan tombol ESC.

Baca juga: Cara Menampilkan Keyboard pada Layar Komputer Windows

Mengatasi Tidak Dapat Mencari Emoji dengan Kata Kunci

Saat mengetik kata kunci dan tidak muncul hasil apapun, meski sudah mencoba mengetikkan satu karakter misalnya “a” saja, kemungkinan besar itu dikarenkan fitur Basic Typing belum diunduh pada pengaturan bahasa.

Untuk mengaktifkan Basic Typing, silakan menuju:

Settings > Time & Language > Language

Mengaktifkan Basic Typing di Windows 10

Pada bagian Language, silakan klik pada Bahasa Indonesia dan klik tombol Options. Setelah itu klik tombol Download pada Basic Typing. Tunggu proses downloadnya selesai.

Sekarang cobalah untuk mengetik kata kunci lagi, tentunya kini emoji yang sesuai kata kunci tersebut akan tampil. Tetapi jika masih belum tampil, silakan cek bahasa keyboard pada toolbar dan ubah dari English menjadi Indonesian.

Mengubah Bahasa Keyboard pada Toolbar

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Athena Kurokage November 19, 2019, 10:07 am

    👍

Leave a Comment