≡ Menu

Cara Mengaktifkan Alarm dan Pengatur Waktu di Windows 10

Selain di perangkat ponsel, Alarm juga tersedia di komputer lho. Sangat cocok bagi seseorang yang bekerja di depan komputer dan lupa terhadap waktu. Jadi fitur alarm tersebut yang akan mengingatkan jadwal.

Fitur Alarm sudah ada sejak Windows 8, dan cara menggunakannya pun sama mudahnya seperti di ponsel. Tersedia pula nada yang bisa digunakan ketika alarm berbunyi. Mulai kini kamu takkan lupa terhadap jadwal lagi, karena selalu ada alarm yang akan mengingatkanmu.

Cara Mengaktifkan Alarm di Windows 10

Artikel ini akan mengajarkanmu untuk mengaktifkan alarm khusus untuk komputer dengan OS Windows 10. Tidak perlu memasang program tambahan, karena Alarm sudah menjadi fitur bawaan Windows. Silakan simak cara mengaktifkannya dibawah ini.

  1. Klik START dan klik Alarm & Jam.

    Klik Alarm dan Jam

  2. Pada bagian Alarm, klik pada waktu yang tertera saat ini.

    Klik Tab Alarm

  3. Sekarang kamu bisa mengatur waktunya.

    Mengatur Alarm pada Windows 10

  4. Dan dibawahnya terdapat opsi untuk mengatur nama, nada suara, dan juga waktu tunda.

    Mengatur Nama dan Suara Alarm

  5. Jika sudah mengaturnya, klik ikon Save dibagian bawah.

    Klik Ikon Save

  6. Dan aktifkan alarmnya.

    Mengaktifkan Alarm pada Windows 10

Selesai, kini Alarm sudah disetel dan nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan apabila jadwal alarm tepat pada waktunya. Akan terdapat opsi untuk mematikan atau menunda, cukup pilih sesuai keadaan.

Mematikan atau Menunda Alarm Windows 10

Baca juga: Mengubah Tanggal dan Jam pada Windows 10

Mengaktifkan Pengatur Waktu pada Windows 10

Pengatur waktu sebenarnya nyaris sama seperti alarm, hanya saja ini lebih seperti penghitung waktu mundur, jadi kamu bisa menggunakan ini hanya untuk sekali saja dan tidak untuk mengulang tiap harinya.

Caranya hampir sama seperti diatas, jadi setelah menuju program Alarm & Jam, silakan menuju tab Pengatur Waktu, selanjutnya setel waktu hitung mundur yang kamu inginkan. Jika sudah, cukup klik tombol Play yang tersedia disana.

Mengaktifkan Pengatur Waktu di Windows 10

Sama seperti alarm, nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi apabila waktu yang disetel telah nol atau habis. Namun disana tidak ada fitur untuk menunda, dan hanya bisa menonaktifkannya saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment