≡ Menu

Cara Berhenti Langganan Aplikasi di Play Store

Cara Berhenti Langganan Aplikasi di Play Store

Pada suatu aplikasi kadang memberikan masa percobaan terhadap layanannya. Paling banyak adalah sejenis aplikasi VPN. Jadi pengguna bisa mencoba terlebih dahulu, dan apabila puas dengan layanannya, maka bisa melanjutkan untuk berlangganan.

Tapi bagaimana jika tidak puas? Misalnya kamu tidak menemukan apa yang sesuai atau yang sedang dibutuhkan. Tenang saja, karena setiap pengguna bebas membatalkan masa uji coba gratis tersebut supaya tidak dikenakan biaya pada metode pembayaran yang digunakan.

Tak hanya masa uji coba saja yang bisa dibatalkan, bahkan kamu juga bisa berhenti dari suatu langganan. Jadi apabila kamu bingung bagaimana cara berhenti langganan pada suatu aplikasi, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan mudah.

Cara Menghentikan Langganan Aplikasi pada Play Store

Setiap kali kamu berlangganan di suatu aplikasi, maka yang mengatur pembayarannya adalah Play Store. Jadi untuk membatalkan pembayaran tersebut, bisa dilakukan langsung dengan mudah melalui Play Store. Berikut ini caranya.

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Klik menu Langganan.

    Klik Menu Langganan

  3. Ketuk pada aplikasi yang ingin diberhentikan langganannya.

    Ketuk Pada Aplikasi

  4. Kemudian ketuk pada opsi Batalkan langganan.

    Ketuk Opsi Batalkan Langganan

  5. Akan muncul dialog, pilih alasan mengapa ingin berhenti berlangganan.

    Pilih Alasan Berhenti Langganan Aplikasi

  6. Lalu klik Lanjutkan.
  7. Tahap terakhir, klik tombol BATALKAN LANGGANAN.

    Klik Tombol Batalkan Langganan untuk Berhenti Langganan Aplikasi

  8. Selesai, langganan pada aplikasi tersebut berhasil dibatalkan.

    Langganan Aplikasi Berhasil Dihentikan

Setelah kamu berhenti berlangganan, tentunya takkan ada tagihan lagi yang masuk dari Play Store. Apabila kamu sedang berlangganan masa uji coba, sangat penting untuk mengetahui kapan itu berakhirnya, karena jika sampai lupa tidak berhenti langganan, yang ada pulsa atau uang dari kartu kredit akan terpotong sesuai nominal langganan konten secara otomatis.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

Mengapa Tidak Ada Aplikasi yang Sesuai pada Halaman Langganan di Play Store?

Mungkin kamu saat ini merasa sedang berlangganan pada suatu aplikasi, namun langganan konten tersebut tidak tampil pada Play Store. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar kamu sedang berlangganan diluar sistem Play Store, alias dari dalam aplikasi itu sendiri.

Jadi untuk menghentikan langganan tersebut adalah melalui dalam aplikasi tersebut. Sebagai contoh seperti Spotify yang mana tidak menggunakan Play Store untuk masa uji coba gratisnya.

Solusi lain adalah mencoba menghubungi developer aplikasi melalui email. Dengan begitu mereka akan membantu memberikan informasi yang tepat tentang bagaimana cara berhenti langganan pada aplikasinya.

Kesimpulan

Play Store hanya akan mengelola langganan konten yang dilakukan melalui metode pembayaran pada Play Store atau Google Pay saja. Jadi untuk transaksi diluar Play Store atau Google Pay, maka kamu harus membatalkan langganan melalui aplikasi itu sendiri.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment