≡ Menu

Tutorial Membuat VPS atau Droplet di Digitalocean

Banyak sekali layanan host/server yang menyediakan cara termudah untuk membuat VPS (Virtual Private Server). Tidak perlu waktu lama untuk membuatnya dan juga sangat mudah untuk dipahami, khususnya bagi seseorang yang baru mengenal tentang VPS.

Digitalocean merupakan salah satu dari banyaknya layanan server yang menyediakan akses termudah untuk membuat VPS. Kebanyakan orang menggunakan VPS dari Digitalocean untuk membuat website, selain itu harganya juga murah dan memiliki lokasi server yang banyak.

Bagi kamu yang ingin membuat website memakai VPS Digitalocean, artikel ini akan menjelaskan tutorial pembuatan VPS atau Droplet dengan praktis. Pastikan bahwa saat ini kamu telah memiliki akun Digitalocean. Namun jika belum memilikinya, silakan daftar terlebih dahulu ke Website Digitalocean.

Tutorial Membuat VPS/Droplet pada Digitalocean

  1. Klik Tombol Create dibagian atas dan pilih Droplet.

    Klik Tombol Create dan Pilih Droplet

  2. Pada bagian Choose an image, silakan pilih image apa yang ingin digunakan beserta versinya.

    Memilih Jenis Image yang Ingin Digunakan

  3. Lalu pada Choose a Plan, pilihlah spesifikasi VPS yang ingin digunakan.

    Memilih Spesifikasi VPS di Digitalocean

  4. Gulir kebawah sampai bagian Choose a datacenter region, disini kamu bisa memilih lokasi server yang kamu inginkan.

    Memilih Lokasi Server VPS yang Akan Dibuat

  5. Untuk bagian Authentication, biarkan tetap menjadi One-time password.
  6. Sekarang gulir lagi sampai paling bawah dan klik tombol Create Droplet dan tunggu prosesnya sampai selesai.

    Klik Tombol Create Droplet untuk Mulai Membuat VPS

  7. Jika sudah selesai, silakan cek pesan di email. Pasti mereka akan memberikan detail login VPS yang baru saja kamu buat.

    Detail Login VPS Digitalocean pada Pesan Email

Setelah mendapatkan detail kredensial terhadap VPS, kamu bisa langsung melakukan segalanya melalui SSH. Baik itu menginstal Apache, atau lain-lain sesuai yang kamu inginkan. Karena kamu telah mendapatkan akses root, yang mana tak ada batasan untuk melakukan apapun terhadap server yang baru saja dibuat.

Baca juga: Tutorial Install Webmin di VPS Ubuntu atau Debian

Solusi Tidak Bisa Masuk VPS Digitalocean Melalui SSH

Saat droplet berhasil dibuat, kamu akan mendapatkan sebuah sandi sementara di email. Dan ketika kamu masuk melalui SSH dengan sandi tersebut, tentunya sandi itu harus diganti dengan yang baru.

Proses Mengganti Sandi yang Baru pada VPS Digitalocean

Caranya mudah sekali. pada saat pertama kali masuk ke SSH pasti akan mendapatkan notif Changing password for root. Nah dibawahnya ada opsi bertuliskan (current) UNIX password, silakan isikan dengan sandi saat ini.

Selanjutnya akan ada opsi Enter new UNIX password, silakan isikan dengan sandi yang baru. Lalu muncul lagi opsi Retype new UNIX password, cukup isikan lagi dengan sandi yang baru. Itu layaknya semacam konfirmasi sandi untuk memastikan kamu menulisnya dengan benar.

Setelah mengatur sandi yang baru. Kini sandi yang lama tidak akan berguna. Dan untuk memastikannya lagi, silakan masuk ulang ke SSH dengan sandi yang baru.

Itu saja yang dapat Saya bagikan tentang membuat VPS praktis pada Digitalocean. Apabila kamu merasa kesulitan pada langkah diatas, ada baiknya untuk menjelaskannya di komentar supaya Saya dapat memberikan solusinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment