≡ Menu

Solusi Tidak Bisa Mengambil Screenshot di Android

Pada umumnya, mengambil screenshot atau menangkap tampilan layar di ponsel Android dapat diterapkan hanya dengan menekan tombol power dan volume saja. Tapi di beberapa kasus, ada pula ponsel yang tak dapat melakukan hal tersebut.

Dulunya banyak ponsel Android dengan OS Gingerbread kebawah yang tak dapat melakukan screenshot dengan tombol. Tapi untuk ponsel Android OS KitKat keatas tentunya sudah memiliki fitur penangkap layar memakai tombol, walau itu kadang berbeda-beda.

Maksud dari berbeda adalah tombol yang ditekan nantinya untuk menangkap layar, jadi jangan berfikir bahwa setiap ponsel Android memiliki cara yang selalu sama untuk mengambil atau menangkap tampilan layar.

Namun jika sekiranya kamu telah mencoba dengan berbagai cara dan masih tak bisa melakukan screenshot, maka silakan lanjutkan untuk menyimak artikel ini.

Solusi Tidak Bisa Mengambil Screenshot di Android

Aktifkan Fitur Screenshot di Android

Walau secara default, fitur screenshot ini telah diaktifkan oleh sistem, namun di beberapa ponsel juga memiliki fitur untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya. Dan jika ternyata fitur tersebut dinonaktifkan, pastinya takkan bisa menangkap tampilan layar dengan tombol. Dan berikut ini cara mengaktifkannya:

  1. Silakan menuju Pengaturan.
  2. Pilih menu Aksesibilitas.

    Mengaktifkan Fitur Screenshot di Android

  3. Gulir kebawah dan aktifkan pada opsi Tangkap Layar.

    Mengaktifkan Fitur Screenshot di Android

Mulai sekarang tentunya kamu sudah bisa melakukan screenshot menggunakan tombol. Tapi jika sekiranya cara diatas tidak berfungsi diakibatkan tak ada opsi Tangkap Layar di bagian Aksesibilitas, silakan mencoba cara alternatif dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengunci Rotasi Layar di HP Android

Gunakan Aplikasi untuk Mengambil Screenshot

Tanpa memakai tombol pun sebenarnya kamu masih bisa mengambil screenshot di ponsel. Yaitu dengan bantuan aplikasi. Saat ini memang terdapat banyak aplikasi untuk membantu pengguna menangkap tampilan layar dengan mudah, tapi sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi bernama Screenshot Touch

Screenshot Touch adalah aplikasi penangkap layar pintar yang bisa diterapkan tanpa tombol, kamu hanya perlu menekan pada panel notifikasi untuk mulai mengambil screenshot. Ini bahkan lebih sederhana dan cepat jika dibandingkan dengan tombol.

Selain itu fitur yang disediakan juga banyak, salah satunya kamu bisa langsung mengedit gambar tersebut dan membagikannya ke teman tanpa perlu menggunakan aplikasi editor gambar lagi.

Tertarik ingin mencoba? Silakan pasang aplikasi Screenshot Touch di Play Store, gratis.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment