≡ Menu

Cara Mengembalikan Pesan Arsip WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur untuk mengarsipkan sebuah pesan, atau istilahnya seperti menyimpan pesan chat tersebut supaya tidak sampai hilang. Ketika pesan telah diarsipkan, tentunya itu takkan muncul pada bagian utama Chat dan seolah menghilang.

Tidak usah khawatir, karena pesan yang telah diarsipkan masih dapat dikembalikan menjadi chat normal kembali. Ini hanya perlu beberapa langkah saja untuk melakukannya, ini tentunya aman dan tidak beresiko apapun terhadap pesan tersebut.

Mengembalikan Pesan Arsip di WhatsApp

Apabila kamu menemukan beberapa pesan yang telah hilang. Pastilah dibagian bawah Chat, akan ada opsi untuk membuka pesan arsip tersebut. Dan ketika membukanya, muncullah seluruh pesan yang berubah menjadi arsip.

Pada bagian tersebut, kamu hanya cukup menekan lama pesan tersebut, dan kemudian ketuk tombol “Batalkan Arsip” seperti pada gambaran dibawah ini:

Mengembalikan Pesan Arsip WhatsApp

Nah, setelah menekan tombol untuk membatalkan arsip tersebut, pesan chat tadi akan langsung tampil pada bagian utama WhatsApp dan tidak menjadi arsip lagi. Kamu juga bisa membatalkan arsip untuk banyak pesan dengan cara menyeleksinya.

Fitur untuk mengarsipkan pesan di WhatsApp memang berdekatan dengan tombol opsi titik tiga. Dan ketika pengguna salah mengetuk opsi arsipkan tersebut, maka secara otomatis pesan itu seolah hilang. Karena tak ada notifikasi semacam konfirmasi ketika pesan akan diarsipkan.

Baca juga: Kegunaan dari Fitur Arsip Cerita di Facebook

Apa Kegunaan Sebenarnya dari Fitur Arsip Chat di WhatsApp?

Pada dasarnya pihak WhatsApp sendiri tidak menyatakan bahwa fitur Arsip tersebut berguna untuk menyimpan chat ke SD Card atau layaknya fitur Arsip yang ada di Facebook.

Melainkan itu bisa digunakan untuk menyembunyikan sebuah chat pada layar dan kemudian kamu bisa membaca chat itu nanti. Intinya ini sangat cocok bagi seseorang yang sedang sibuk dan mendapatkan beberapa pesan WhatsApp yang dirasa kurang penting.

Contoh lainnya seperti ketika kamu dimasukkan ke sebuah grup dan risih dengan keberadaannya yang ada di layar utama karena chat yang masuk tiada hentinya meski telah di mute, dan kamu tidak ingin keluar dari grup itu dengan suatu alasan. Jadi dengan mengarsipkannya akan membuat konversasi grup tersebut disembunyikan dan tidak tampil pada layar utama.

Dan satu tambahan lagi, kamu juga bisa lho mengarsipkan seluruh pesan pada WhatsApp. Dan itu bisa dilakukan dengan mudah pada bagian Pengaturan > Chats > Chat history > Archive all chats.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment