≡ Menu

Mengatasi Tidak Bisa Hapus Program di Windows

Ingin menghapus suatu program di komputer tapi gagal? Tentunya ada sebab dibalik itu. Salah satu yang paling sering terjadi adalah disebabkan akibat program yang hendak di hapus atau uninstal sedang berjalan. Sehingga sistem tak dapat melanjutkan untuk menghapusnya.

Memang benar bahwa terdapat banyak sekali program pihak ketiga yang dapat menghapus secara sempurna suatu program termasuk registry yang terdaftar, akan tetapi itupun juga akan gagal apabila program yang akan dihapus sedang berjalan pada proses latar belakang.

Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan sedikitnya 3 cara untuk mengatasi tidak bisa menghapus suatu program. Kamu tidak diharuskan untuk mencoba seluruh cara ini, tapi lakukan mulai dari yang pertama, dan jika pun gagal atau dirasa sulit, silakan mencoba cara berikutnya.

Solusi Program Tidak Bisa Dihapus pada Windows

1. Menghentikan Proses Program Secara Paksa

Proses yang perlu dihentikan adalah yang berjalan pada latar belakang. Dan untuk melihat itu, kamu bisa membuka Task Manager atau langsung menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC secara bersamaan pada keyboard.

Kemudian carilah proses dari program yang ingin dihapus, dan lanjutkan dengan klik tombol End Task untuk menghentikannya secara paksa.

Menghentikan Proses Latar Belakang Secara Paksa

Jika pun kamu merasa cara ini terlalu rumit untuk dilakukan, silakan lanjut cara kedua yang tergolong lebih mudah.

2. Restart Komputer dan Mencoba Hapus Ulang

Tak perlu cara ribet, karena pada dasarnya kamu bisa menghentikan proses latar belakang program tersebut hanya dengan me-restart komputer saja. Jadi yang perlu dlakukan sekarang hanyalah klik opsi Power pada START Menu dan memilih Restart.

Melakukan Restart Komputer

Walau cara ini dapat menghentikan proses latar belakang segala program, tapi ini akan tetap sama apabila program yang hendak dihapus dapat berjalan pada proses startup. Untuk itu apabila cara ini masih tidak berhasil untuk menghapus program, silakan coba cara terakhir dibawah ini.

Baca juga: Cara Unik Melakukan Shutdown, Restart, dan Hibernate di PC

3. Menghapus Program Melalui Safe Mode

Safe Mode adalah jalan mudah terakhir untuk menghapus program tanpa ada gagal. Sebab pada modus tersebut, komputer hanya akan menggunakan proses minimal sistem saja dan mengabaikan startup dari program-program lain. Sehingga takkan ada program selain sistem yang berjalan pada latar belakang.

Untuk masuk ke Safe Mode sangatlah mudah, cukup tekan terus menerus tombol F8 ketika komputer baru dinyalakan dan kemudian pilih menu Safe Mode dan tunggu proses bootingnya selesai.

Saat memasuki Safe Mode, kamu bisa langsung menuju Control Panel dan mulai untuk menghapus program yang diinginkan tadi. Pasti kini akan sepenuhnya berhasil dan takkan gagal lagi.


Sederhananya adalah kamu bisa memulai dengan cara pertama atau kedua. Tapi jika itu masih gagal, sangat disarankan untuk mencoba cara ketiga. Kebanyakan orang berhasil dengan cara kedua, yakni hanya perlu memulai ulang perangkat komputer saja.

Adapun seseorang yang masih gagal dengan cara terakhir, dan kemungkinan itu disebabkan adanya corrupt file atau galat pada sistem yang membuat proses penghapusan program dan berkas-berkas file terkait menjadi gagal. Untuk kejadian seperti ini, solusi terbaiknya adalah menginstal ulang Windows.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment