≡ Menu

Macam-Macam File Sampah pada Ponsel Android

Macam-Macam File Sampah pada Ponsel Android

Tahukah kamu bahwa setiap ponsel selalu memiliki yang namanya sampah dalam bentuk file atau berkas. Sampah tersebut seolah tidak berpengaruh terhadap ponsel, namun sejatinya sampah itulah yang akan mengganggu ekosistem dalam ponsel dan memicu penurunan performa.

Syukurnya terdapat beberapa aplikasi yang berfungsi untuk menghapus keseluruhan sampah yang ada di ponsel dengan cepat. Tapi bukan berarti seluruh sampah dapat dihapus dengan sekali ketukan, karena tentunya terdapat berkas sampah yang hanya bisa dihapus secara mandiri.

Pada artikel ini akan dibagikan daftar atau macam-macam jenis file sampah yang biasa terdapat pada ponsel Android. Kamu bisa mempelajari dan juga menghapusnya apabila menemukan suatu sampah yang menyerupai pada daftar dibawah ini.

Beberapa Jenis File Sampah pada Android

1. File Cache Aplikasi

Yang utama tentunya adalah file cache pada segala aplikasi yang terpasang. Secara standar, cache akan terhapus secara otomatis pada waktu yang telah ditetapkan oleh aplikasi, dan biasanya adalah 1 minggu.

Namun terlalu banyak cache akan membuatnya terus menumpuk, sehingga ini akan berdampak pada penyimpanan yang terkuras. Sebagai contoh seperti Instagram yang akan menyimpan cache berupa file video yang baru saja ditonton. Jika banyak video yang ditonton, tentunya ukuran cache akan terus meningkat.

2. Folder Tak Terpakai

Ini lebih mengacu kepada folder sisa dari aplikasi yang telah dicopot, sehingga membuatnya tak terpakai lagi. Terkadang aplikasi pembersih masih tak dapat mendeteksi hal semacam ini, sehingga pengguna harus menghapusnya secara mandiri.

Sebagai contoh adalah game Minecraft PE, dimana ketika kamu menghapus game tersebut, sisa folder pada penyimpanan internal maupun external akan masih ada. Walau itu berisi file semacam save game, namun tetap saja itu termasuk golongan sampah dari folder yang tak terpakai.

3. Folder Kosong

Berbeda dengan folder yang tak dipakai, justru folder kosong ini biasanya dibuat sendiri oleh pemilik ponsel. Kebanyakan membuatnya banyak hanya untuk menyembunyikan suatu file rahasia yang mana itu sebenarnya tak ada gunanya untuk sekarang ini.

Mengapa tidak berguna? Karena sudah banyak aplikasi protector terhadap bekas privasi. Bahkan di ponsel Samsung tersedia fitur Folder Aman untuk menjaga segala berkas dan aplikasi dari publik.

Satu folder kosong yang kamu buat mungkin memiliki ukuran tidak sampai 1 Kilo Byte, tapi dengan banyaknya folder kosong, hanya akan membuat proses memuat pada pengelola berkas menjadi sedikit lama dari biasanya.

Baca juga: Bersihkan Folder Kosong di Android dengan Cepat

4. File dan Folder Tersembunyi

Pada Android, kamu bisa membuat suatu file atau folder menjadi tersembunyi oleh aplikasi pengelola berkas bawaan hanya dengan menambah simbol titik pada awalan nama file atau folder. Dan terkadang suatu aplikasi juga menerapkan hal ini terhadap data tambahan mereka.

Secara keseluruhan ini nyaris sama seperti folder yang tak terpakai, karena folder atau file yang tersembunyi tersebut akan mengendap pada ponsel meski aplikasi sudah dihapus. Dan solusinya adalah mengecek secara manual dengan aplikasi file manager advanced seperti X-Plore atau ES File Manager.

5. Folder LOST.DIR

Kurang yakin apakah folder LOST.DIR ini masih digunakan sampai sekarang. Tapi pada OS Android Kitkat dan dibawahnya masih menerapkan folder tersebut ketika terdapat suatu file yang tiba-tiba terhapus oleh sistem.

Jadi jika file kamu sejenis gambar atau video ada yang hilang, bisa jadi masuk pada folder LOST.DIR tersebut. Dan ukuran dari folder itu bisa saja besar tergantung dari banyaknya file yang hilang akibat galat pada sistem.

6. Sampah Galeri

Foto atau Video yang terhapus terkadang tidak benar-benar dihapus dan akan dipindahkan ke bagian sampah. Fitur sampah pada Galeri sudah banyak tersedia di segala ponsel kini. Sejatinya fitur itu membantu untuk mengembalikan konten yang terhapus secara sengaja.

Hanya saja, kadang ponsel membutuhkan ruangan penyimpanan yang banyak ketika hendak merekam video. Jadi jika penyimpanan ponsel terkuras, silakan cek juga pada sampah di Galeri, barangkali terdapat puluhan video buangan yang masih tersimpan disana.

7. Penyimpanan pada Browser

Ketika menjelajahi suatu situs web, secara tak sadar ponsel kita telah membawa beberapa data tambahan yang termuat pada browser. Data tersebut adalah file cache dan cookies. Itu tidak mempengaruhi performa ponsel, tapi berpengaruh signifikan ke penyimpanan ponsel.

Penyimpanan pada browser dapat diatur melalui Pengaturan Aplikasi. Disana biasanya diberikan opsi untuk menghapus beberapa hal seperti cache, cookies. riwayat penelusuran, dan lain-lain.

8. Bekas File Unduhan

Pastinya kamu pernah mengunduh file di internet kan? Baik itu dokumen, aplikasi, gambar, ataupun video. Kadang kita lupa jika file yang diunduh tersebut tak lagi penting untuk dimiliki. Sebagai contoh adalah file aplikasi (APK).

File aplikasi tersebut hanya digunakan sekali saja dan setelah aplikasi terpasang, tentunya itu menjadi tidak berguna. Tapi kebanyakan aplikasi pembersih biasanya akan menampilkan notifikasi untuk menghapus berkas APK tersebut setelah proses instalasi selesai.

9. Gambar dan Video dari Aplikasi Chat

Beberapa aplikasi chat, sebagai contoh adalah WhatsApp akan menyimpan berkas gambar dan video pada suatu folder khusus. Ini akan tetap tersimpan dan dapat langsung dikelola melalui Galeri.

Jika berkas yang tersimpan banyak, pastinya akan mengakibatkan ruang penyimpanan terkuras. Untuk itu, apabila gambar atau video yang terdapat pada sisa chat tidak berguna lagi, ada baiknya untuk dihapus supaya dapat melegakan ruang penyimpanan ponsel.

10. Clipboard yang Tersimpan

Fitur clipboard kebanyakan tersedia pada aplikasi keyboard di Android. Tapi di beberapa ponsel juga memiliki fitur Clipboard langsung dari sistem, seperti pada ponsel Samsung Galaxy Note.

Walau secara keseluruhan itu hanya salinan sebuah teks dan gambar saja, tapi tetap saja itu bisa disebut sampah apabila kamu tidak membutuhkannya lagi untuk kedepannya. Namun meski tak dihapus pun, ini tidak akan berdampak besar ke penyimpanan. Karena clipboard hanya memakan ruang yang sedikit.


Ada sekiranya 10 jenis sampah Android yang telah dibagikan diatas. Mungkin masih banyak jenis-jenis selain diatas. Dan apabila kamu mengetahuinya, silakan bagikan itu di komentar untuk membantu memberitahu pengguna yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment