Cara Membuka Web yang Diblokir Internet Positif

Cara Membuka Web yang Diblokir Internet Positif

Internet Positif adalah suatu program pemerintah yang memiliki tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman. Banyaknya pengaruh konten negatif di internet menjadi alasan mengapa diperlukannya pengenalan dalam penggunaan internet yang baik dan sesuai.

Dan Internet Positif sendiri berusaha mengubah citra internet menjadi sepenuhnya positif. Hanya saja sebagian orang merasa terbatasi akibat pemblokiran situs web yang dilakukan Internet Positif, sehingga mereka tidak bisa membuka suatu website untuk mendapatkan informasi.

Sebagai contohnya situs web Reddit yang mana saat ini telah masuk pada daftar website yang diblokir di Indonesia. Ketika mengunjunginya, pasti halaman pemblokiran akan langsung muncul dan pengguna takkan bisa masuk atau bahkan melihat sekilas kontennya.

Syukurnya masih ada cara untuk membuka web yang diblokir oleh Internet Positif, dan itu meliputi dari berbagai cara. Artikel ini akan membahas beberapa cara untuk melakukan itu, dan kamu bisa memilih salah satu cara yang dirasa paling mudah.

Cara Membuka Web yang Diblokir Oleh Internet Positif

1. Memakai Aplikasi atau Program VPN

Sekarang ini banyak sekali layanan VPN gratis untuk perangkat ponsel dan komputer, salah satunya adalah Betternet VPN. Dengan mengaktifkan VPN tersebut, tentunya perangkat kamu akan mendapatkan alamat IP yang baru dan bisa dipakai untuk mengunjungi segala situs web tanpa takut diblokir lagi.

VPN Aktif untuk Membuka Situs Web yang Diblokir Internet Positif

Sejauh ini menggunakan VPN adalah cara yang paling direkomendasikan. Karena VPN pun juga akan melakukan enkripsi terhadap jaringan yang mana akan mengamankan koneksi internet kamu saat ini supaya tidak disadap oleh orang lain.

2. Memasang Ekstensi Proxy atau VPN

Cara ini lebih dikhususkan untuk pengguna komputer. Karena hampir seluruh browser saat ini dapat dipasangi ekstensi atau add-ons. Dan layanan VPN gratis pun biasanya juga menyediakan ekstensi untuk digunakan pada browser.

Kamu bisa mengunjungi Chrome Webstore atau Addons Mozilla Firefox dan mencari ekstensi dengan kata kunci VPN dan kemudian pasang salah satu dari itu.

Pencarian Ekstensi VPN di Chrome Webstore

Selain VPN, adapun ekstensi Proxy yang kegunaannya nyaris sama seperti VPN, hanya saja disini kamu harus memiliki proxy pribadi untuk digunakan. Sebagai saran jangan menggunakan proxy publik yang tersebar di internet, karena khawatir proxy tersebut menyimpan log atau riwayat browsing.

3. Mengubah DNS pada Jaringan

Terkadang mengubah DNS pada jaringan juga bisa lho membuat Internet Positif ini tidak lagi muncul. Kebanyakan orang menggunakan DNS Google 8.8.8.8, jadi silakan coba untuk menggantinya ke DNS Cloudflare 1.1.1.1 dan kemudian akses situs web yang diblokir.

Mengubah DNS pada Jaringan

Untuk sebagian ISP, cara ini berfungsi dengan baik. Dan apabila kamu tidak tahu cara mengubah DNS, silakan coba lihat pada artikel Cara Mengatur DNS di Ponsel Android.

4. Membuka Situs dengan Web Proxy

Semenjak VPN semakin populer, kini web proxy nyaris punah dan jarang sekali tersedia. Hal tersebut karena web proxy kurang begitu efektif untuk membuka suatu website dikarenakan keterbatasan fitur. Sebagai contoh beberapa web proxy tak bisa membuka situs web dengan tampilan yang rapi, karena CSS atau tema pada situs web menghilang.

Ada beberapa web proxy yang masih aktif saat ini, seperti Hideme. Dan sebagai saran, jangan masukkan informasi penting ketika memakai web proxy, karena khawatir informasi tersebut tersimpan, salah satunya adalah cookies.

Web Proxy untuk Membuka Situs Web yang Diblokir Internet Positif

5. Mengakses Alamat IP dari Suatu Website

Untuk cara yang terakhir ini tidak untuk semua website yang diblokir, alias hanya sebagian saja. Cara ini hanya berlaku untuk website yang menggunakan server pribadi, sehingga IP website tersebut dapat diakses sebagai pengganti domain.

Untuk mengetahui IP suatu website, kamu dapat memakai fitur Host to IP yang ada di internet. Cukup tuliskan URL situs websitenya dan kemudian alamat IP akan tampil dan silakan coba untuk mengaksesnya langsung.

Konversi Host ke Alamat IP


Dari semua cara diatas, apakah kamu sudah menemukan mana yang paling termudah? Jika menurut Saya, tentu cara pertama yang paling mudah dan aman, yakni memakai layanan VPN. Jadi ketika ingin membuka situs yang diblokir oleh Internet Positif, cukup aktifkan VPN dan kemudian mencoba mengaksesnya kembali.

Sebenarnya masih ada beberapa cara lain, salah satunya adalah SSH Tunneling, namun tidak dicanmtukan karena itu kurang efektif akibat keterbatasan penyedia server dan juga kurang aman layaknya memakai proxy publik. Tapi apabila kamu memiliki cara lain yang dirasa efektif dan aman, silakan bagikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *