≡ Menu

Mengaktifkan Gesture Screenshot Tiga Jari di Android

Mengaktifkan Gesture Screenshot Tiga Jari di Android

Melakukan screenshot di Android secara umum bisa dilakukan dengan menekan tombol power dan volume. Tapi selain itu juga ada beberapa cara lainnya yang tentunya lebih mudah dan tidak ribet. Salah satu dari itu adalah menyentuh layar dengan tiga jari.

Fitur gesture yang ada di Android memiliki banyak kegunaan. Sebagai contoh dapat digunakan untuk membuka kunci layar dengan mengetuk dua kali. Atau mengunci layar dengan cara menutupi ponsel dengan telapak tangan. Dan tidak terlupakan juga gesture screenshot tiga jari.

Namun fitur gesture di sebagian ponsel berbeda-beda dan tergantung dari ROM. Itu juga termasuk gesture screenshot tiga jari ini yang memungkinkan tidak semua ponsel memiliki fitur tersebut. Tapi tak ada salahnya untuk dicek terlebih dahulu dengan mengikuti tata cara pada artikel ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot Tiga Jari

Ini hampir sama seperti mengaktifkan fitur double tap to wake. Tapi mohon ketahui terlebih dahulu, bahwa menu pada setiap ponsel berbeda-beda. Sehingga tutorial dibawah tidak menjadi patokan untuk seluruh ponsel Android.

  1. Silakan menuju ke Pengaturan
  2. Gulir kebawah dan ketuk pada menu Gestur Sentuh

    Ketuk pada Menu Gestur Sentuh

  3. Lalu pilih pada menu Screenshot Tiga Jari

    Pilih Menu Screenshot Tiga Jari

  4. Dan tahap terakhir, cukup aktifkan pada opsi yang telah disediakan.

    Mengaktifkan Gesture Screenshot Tiga Jari

Sebagai tambahan untuk sebagian ponsel Android, menu Gestur Sentuh mungkin saja tidak selalu berada pada halaman utama pada Pengaturan. Namun bisa jadi pada menu bernama Lain-Lain, Fitur, Aksesibilitas, atau Opsi Lainnya.

Baca juga: 5 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Menggunakan Aplikasi

Jika sekiranya ponsel kamu tidak mendukung fitur mengambil layar dengan tiga jari. Adapun cara alternatif yang bisa dicoba, yaitu menggunakan aplikas bernama Screenshot Touch. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis pada Play Store.

Menggunakan aplikasi Screenshot Touch jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan mengusap tiga jari pada layar. Yaitu kamu hanya perlu menggoyang ponsel saja, dan kemudian screenshot akan tertangkap otomatis.

Kamu juga bisa menyetel sensitivitas gerak ketika menggoyangkan ponselnya untuk mengambil tangkapan layar. Sementara itu masih banyak fitur lainnya yang bisa dicoba pada Screenshot Touch, dan pastinya kamu takkan kecewa dengan memasangnya.

Jadi apabila fitur screenshot tiga jari tidak tersedia pada ponsel kamu, sebenarnya masih ada banyak aplikasi di Play Store yang bisa membantu untuk mempermudah menangkap gambar pada layar. Dan aplikasi Screenshot Touch termasuk yang terbaik dari banyaknya aplikasi yang serupa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment