≡ Menu

Tutorial Menginstal XMR Node Proxy di VPS

Mengenai XMR Node Proxy, pastilah kamu sudah mengerti apa kegunaanya. Yakni merupakan alat yang dipakai untuk membuat proxy yang menyalurkan ke segala URL pool yang telah diatur. Atau intinya adalah sebuah perantara yang membuat proses mining berjalan efisien dan tidak membebani server pool.

Jika kamu memiliki lebih dari 50 miner yang berjalan saat ini, tentunya itu dapat memberatkan server pool. Namun dengan memakai XMR Node Proxy, semua miner itu hanya akan terlihat sebagai satu miner yang besar.

Dengan satu miner yang besar, akan mengirimkan share yang tinggi dan ini tidak akan mempengaruhi peforma sebelumnya, dan justru lebih efisien karena membuat pool lebih stabil dan hashrate yang kamu miliki pun tidak akan naik turun.

Tutorial Instal XMR Node Proxy

Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa kamu sudah terbiasa mengelola VPS. Karena disini yang dibutuhkan adalah VPS dengan spesifikasi 1 CPU, 1GB RAM, dan OS Ubuntu 16.04 yang memiliki harga kurang lebih $5 per bulan.

Jika itu sudah disiapkan, silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

Membuat Username Khusus

Pertama, akses VPS melalui SSH dan lakukan update terlebih dahulu dengan perintah apt-get update dan setelah itu jalankan perintah dibawah ini untuk menambahkan username baru.

adduser nodeproxy

Sebagai contoh disini adalah membuat username nodeproxy dan tentunya kamu harus menuliskan sandi, dan untuk lainnya bisa dilewati. Apabila sudah, jalankan perintah dibawah ini untuk menambah nodeproxy ke daftar sudoers.

echo "nodeproxy ALL=(ALL) NOPASSWD:ALL" >> /etc/sudoers

Membuat Virtual Memory atau Swap Space

Pada umumnya XMR Node Proxy hanya membutuhkan resource yang terbilang sedikit, namun proses instalasinya yang menghabiskan banyak RAM, untuk itulah mengapa sebaiknya membuat virtual memory supaya proses instalasi berjalan lancar. Langsung saja jalankan seluruh perintah berikut.

dd if=/dev/zero of=/swapfile bs=1M count=512
chmod 600 /swapfile
mkswap /swapfile
swapon /swapfile
echo "/swapfile none swap defaults 0 0" >> /etc/fstab

Perintah diatas akan membuat 512MB virtual memory, sebaiknya tidak perlu diubah sama sekali karena ukuran sebesar itu sudah cukup untuk VPS RAM 1GB.

Meningkatkan ulimit

Jika kamu mengelola puluhan atau ratusan miner, tentunya ini harus ditingkatkan. Kebanyakan VPS RAM 1GB hanya memiliki nofile value sekitar 1024 saja. Untuk mengeceknya, bisa menggunakan perintah berikut.

ulimit -n

Disini sebagai contoh akan meningkatkan nofile value tersebut menjadi 9000, silakan buka dulu file limits.conf dengan perintah ini.

nano /etc/security/limits.conf

Lalu tambahkan kode dibawah ini pada bagian paling akhir dan kemudian simpan.

nodeproxy soft nofile 9000
nodeproxy hard nofile 65000

Masih belum, sekarang buka file common-session.

nano /etc/pam.d/common-session

Tambahkan kode ini pada bagian paling akhir dan simpan.

session required pam_limits.so

Tahap terakhir, jalankan reboot untuk memulai ulang VPS.

Instalasi XMR Node Proxy

Sekarang akses VPS melalui SSH dengan username nodeproxy. Lalu untuk mulai menginstalnya, berikut ini perintahnya.

curl -L https://raw.githubusercontent.com/MoneroOcean/xmr-node-proxy/master/install.sh | bash

Script diatas akan menginstal segala hal yang dibutuhkan dan memakan waktu kurang lebihnya 5 menit. Cukup tunggu saja sampai prosesnya selesai.

Dan apabila sudah selesai, kamu harus menyalin file example_config.json menjadi config.json. Itu bisa dilakukan cepat dengan perintah ini.

cp xmr-node-proxy/config_example.json xmr-node-proxy/config.json

Sekarang silakan atur setelan pool pada file config.json.

nano xmr-node-proxy/config.json

Mengatur konfigurasinya tidaklah sulit dan kamu bisa melihat keseluruhan detailnya pada halaman Konfigurasi XNP di Github. Dan jika sudah, sekarang aktifkan NVM.

source ~/.bashrc

Akhirnya sekarang kamu bisa mulai untuk menjalankan proxynya.

cd ~/xmr-node-proxy/
pm2 start proxy.js --name=nodeproxy --log-date-format="YYYY-MM-DD HH:mm Z"
pm2 save

Dan untuk melihat seluruh miner bekerja, bisa dengan perintah ini.

pm2 monit
XMR Node Proxy Berjalan pada Linux Ubuntu

Itulah tata cara menginstal XMR Node Proxy di VPS Ubuntu 16.04. Selama kamu melakukannya dengan benar, pasti segalanya akan berjalan tanpa ada masalah. Dan bahkan ketika proxy sudah berjalan, kamu bisa me-resize ukuran RAM VPS menjadi 512MB, karena 1GB tadi pada dasarnya hanya dibutuhkan untuk instalasi saja.

Baca juga: Cara Mengirim dan Menerima Saldo Monero XMR

Jika kamu bingung memilih VPS mana yang akan dipakai untuk membuat proxy, berikut ini sedikit rekomendasi VPS yang tergolong murah dan memiliki performa yang bagus:

  • Digitalocean
  • Vultr
  • Amazon (AWS)
  • Interserver

Harga dari VPS dengan spesifikasi diatas tadi tentunya berbeda-beda pada setiap daftar situs diatas. Jadi silakan pilih sesuka hati. Jika pun kamu memiliki rekomendasi VPS lainnya yang memperbolehkan memasang XMR Node Proxy, silakan bagikan di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment