≡ Menu

Tutorial Mengapus Dalvik Cache pada Android

Membahas tentang cache, mungkin sebagian pengguna Android telah mengerti maknanya. Berkas cache adalah sebuah data yang bersifat sementara yang disimpan oleh sistem secara otomatis. Di kebanyakan aplikasi Android, menerapkan metode cache ini untuk menghemat pengeluaran data/kuota. Salah satunya seperti di Instagram.

Berkas cache bisa saja menumpuk dan dihapus secara manual. Namun apakah kira-kira dalvik-cache juga termasuk berkas cache yang bisa dihapus? Jawabannya adalah “bisa“. Dalvik-cache sendiri merupakan berkas dari suatu aplikasi yang terpasang pada ponsel, dan sistem menerapkannya untuk mengoptimisasi fungsional aplikasi supaya lebih cepat untuk digunakan.

Dengan menghapus dalvik-cache, tidak akan menghapus data. Karena sistem akan melakukan pemindaian otomatis ketika ponsel booting dan membuat ulang berkas cache terhadap aplikasi yang terpasang saat ini.

Mengapa Dalvik-Cache Harus Dihapus?

Ada kalanya beberapa orang menanyakan sesuatu semacam ini. Jawabannya cukup sederhana, yaitu untuk menambah kapasitas pada penyimpanan internal, atau bisa juga dimaksud sebagai menghapus berkas dalvik-cache yang telah usang dan tidak dipakai.

Contohnya seperti terdapat berkas dalvik-cache dari aplikasi yang telah di-copot. Tentunya itu tidak ada gunanya lagi untuk tersimpan pada penyimpanan internal, kecuali jika kamu akan memasang aplikasi itu dalam waktu dekat.

Cara Menghapus Dalvik Cache di Android

Menghapus dalvik-cache akan baik dilakukan setidaknya beberapa bulan sekali, apalagi jika sistem ponsel sudah menampilkan notifikasi bahwa penyimpanan internal hampir habis. Itulah saat yang tepat untuk menghapusnya.

Sementara ini ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Namun ponsel kamu harus sudah berstatus ROOTED, sebab yang akan dihapus adalah berkas sistem. Walaupun begitu, cara ini sangat aman untuk diterapkan dan tidak akan beresiko terhadap ponsel termasuk data aplikasi.

1. Menggunakan Bantuan Aplikasi Easy Cache Wiper

Easy Cache Wiper adalah aplikasi yang berguna untuk menghapus berbagai macam berkas cache yang ada di Android hanya dengan sekali ketukkan saja. Cara penggunaannya sangat sederhana, silakan unduh terlebih dahulu Easy Cache Wiper di Play Store.

Setelah aplikasinya terpasang, silakan buka dan izinkan superuser, lalu ketuk pada menu Quick Wipe. Maka ponsel akan reboot dan setelah booting selesai, dalvik-cache sudah sepenuhnya dibersihkan.

Proses Menghapus Dalvik Cache Menggunakan Aplikasi Easy Cache Wiper

2. Menghapus Secara Manual

Walau cara ini juga tergolong aman, namun sangat disarankan untuk menggunakan cara pertama karena lebih mudah untuk melakukan. Sementara jika menghapus secara manual akan membutuhkan ketelitian dan jangan sampai salah untuk menghapus folder.

Silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Root Explorer atau X-Plore dan izinkan superuser. Cukup hapus ISI dari dua direktori/folder dibawah ini:

/data/dalvik-cache
/cache/dalvik-cache

Ingat, yang dihapus adalah isi dari direktori tersebut, alias berkas yang ada didalamnya. Dan setelah menghapusnya, cukup reboot ponsel dan dalvik-cache telah berhasil dibersihkan.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Berapa Lama Proses Reboot Setelah Menghapus Dalvik-Cache?

Ini tergantung dari banyaknya aplikasi yang terpasang saat ini. Kemungkinan besar akan memakan waktu setidaknya 5 sampai 10 menit. Tapi kamu tak perlu cemas, karena keadaan ponselnya akan tetap stabil.

Terkadang di beberapa ponsel juga akan menunjukkan jumlah proses aplikasi yang akan dioptimisasi, dan itulah saat dimana sistem membuat dalvik-cache terhadap aplikasi yang terpasang. Jadi tak perlu khawatir lagi, karena ini sepenuhnya aman.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment