≡ Menu

5 Tips Menurunkan Suhu Laptop Saat Bermain Game

5 Tips Menurunkan Suhu Laptop Saat Bermain Game

Ada berbagai macam jenis laptop yang bisa dikenali saat ini. Ada laptop yang dikhususkan hanya untuk kerja ringan, ada kelas medium yang mampu untuk menjalankan program berat, adapula yang dikhususkan untuk bermain game. Semua itu memiliki kelebihan tersendiri yang membuatnya patut untuk dimiliki.

Laptop gaming biasanya memiliki fitur untuk mendinginkan CPU dan GPU sehingga perangkat tidak overheat. Berbeda dengan jenis laptop biasanya yang hanya memiliki cooling fan yang terbilang mencukupi untuk mendinginkan sistem.

Untuk pengguna laptop gaming, mungkin terkait suhu dari laptop tersebut sudah tidak penting untuk dipertanyakan. Sedangkan untuk pengguna laptop yang dipakai untuk bekerja, biasanya akan mendapati masalah suhu ketika dipakai untuk bermain game.

Suhu yang terlalu panas memang tidak baik untuk komponen dalam laptop, tapi jangan bersedih karena artikel ini akan menjelaskan beberapa tips untuk menurunkan suhu pada laptop ketika dipakai untuk bermain game. Ini memungkinkan dapat menurunkan suhu mencapai 10 hingga 30 derajat.

1. Gunakan Cooling Pad

Memakai Cooling Pad untuk bermain game memang hal yang wajib untuk dilakukan untuk pengguna laptop guna untuk menurunkan suhu melalui bawah permukaan. Ini akan terasa signifikan apabila bawah permukaan laptop tersedia banyak ventilasi udara.

Jika bawah laptop tertutup rapat dan ventilasi udara hanya sedikit, tentunya performa dari cooling pad ini takkan maksimal untuk mendinginkan suhu dalam laptop. Kamu bisa membeli Cooling Pad melalui toko komputer atau secara online.

Satu kekurangan dari memakai Cooling Pad adalah terdapat debu yang masuk ke laptop seiring lamanya penggunaan. Jadi kamu harus rajin untuk membersihkan debu tersebut setidaknya 1 bulan sekali.

2. Gunakan Juga Vacum Cooler

Berbeda dengan Cooling Pad, justru Vacum Cooler ini memiliki fungsional yang lebih baik, yakni menghirup keluar hawa panas dari dalam laptop. Biasanya pengguna dapat mengatur seberapa cepat kinerja alat tersebut untuk menghirup udara panas.

Menggunakan Vacum Cooler dibarengi dengan Cooling Pad akan membuahkan hasil yang bagus terhadap suhu laptop. Jika sebelumnya ketika bermain game suhunya 90 derajat, maka itu bisa diturunkan menjadi 70 sampai 75 derajat.

3. Jangan Mengaktifkan Turbo Boost

Fungsi dari Turbo Boost adalah untuk meningkatkan kinerja CPU semaksimal mungkin. Namun dengan mengaktifkannya, akan berpengaruh terhadap suhu pada laptop. Biasanya suatu game tetap dapat dimainkan tanpa ada kendala meski Turbo Boost tidak diaktifkan, karena yang diandalkan adalah GPU.

Untuk menonaktifkan Turbo Boost, itu sudah dijelaskan pada artikel berjudul Cara Mematikan Fitur Turbo Boost pada Laptop. Dan setelah kamu menerapkannya, silakan lihat perbedaanya, pastilah suhu laptop tidak akan sepanas sebelumnya.

4. Melakukan Undervolt Terhadap CPU

Undervolt merupakan cara untuk mengurangi voltase yang berlebihan pada CPU. Berbeda dengan underclock atau overclock, justru Undervolt ini tidak mengurangi performa pada laptop kamu.

Menurunkan voltase juga tidak bisa sembarangan, karena itu bisa menyebabkan bluescreen atau crash apabila voltase yang diatur tidak sesuai dengan CPU. Ada baiknya untuk bergabung ke komunitas laptop yang dimiliki untuk mengetahui setelan yang tepat untuk melakukan undervolt CPU.

5. Membersihkan Laptop dan Mengganti Thermal Paste

Jika suhu sudah tidak karuan panasnya mencapai 90 derajat keatas, ada baiknya untuk membersihkan debu pada laptop. Khususnya pada cooling fan, karena biasanya debunya menumpuk disana sehingga menghambat perputaran kipas.

Selebihnya kamu juga bisa mengganti thermal paste, namun ada baiknya untuk melakukan hal tersebut melalui service center saja supaya tidak ada kesalahan. Atau menuju jasa yang menyediakan layanan untuk membersihkan laptop secara penuh, pastinya mereka juga mengerti terkait hal ini.


Beberapa tips diatas tentunya akan berhasil menurunkan suhu laptop kamu ketika bermain game supaya tidak sampai overheat. Sebagai saran, jika suhu laptop kamu rata-rata 80 derajat keatas ketika bermain game, sebaiknya jangan terlalu lama untuk digunakan, karena itu akan berakibat buruk suatu saat nanti.

Apabila kamu sering bermain game dalam jangka waktu lama, sangat disarankan untuk meng-upgrade ke laptop gaming atau membeli komputer. Apalagi jika laptop gaming menerapkan beberapa tips diatas, pastinya suhunya akan tetap dingin dan hanya hangat saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment