≡ Menu

Cara Percepat Proses Transaksi Bitcoin

Cara Percepat Proses Transaksi Bitcoin

Sudah tahu kan apa itu Bitcoin? Merupakan mata uang internet (cryptocurrency) yang memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah untuk membeli produk virtual. Mendapatkan Bitcoin sendiri pun bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah membeli di situs exchanger.

Satu hal yang membuat mata uang ini berbeda adalah harga yang tinggi. Tapi dibalik itu, terdapat proses transaksi yang terbilang sedikit lambat alias tidak instan sehingga ini tidak mirip seperti mengirim uang langsung dari rekening bank.

Jadi setiap transaksi yang dilakukan akan membutuhkan konfirmasi dari block yang telah di-mining. Jadi selama miners tidak menemukan block, maka transaksi kamu tidak akan di-konfirmasi. Namun kamu dapat mempercepat proses konfirmasi tersebut dengan cara yang dibagikan pada artikel ini.

Trik Mempercepat Transaksi Bitcoin

Secara umum, kamu bisa mempercepat transaksi dengan membayar fee yang lebih tinggi. Dengan begitu prioritas transaksinya akan diutamakan dibandingkan yang lainnya dengan fee rendah. Tapi selain itu juga ada pula cara lain, yakni melakukan broadcast ke beberapa Bitcoin Nodes.

Jadi terdapat satu situs bernama BitAccelerate yang kegunaanya untuk meningkatkan proses transaksi yang belum ter-konfirmasi dengan mengirimkan TX ID ke 10 Bitcoin Nodes. Ini cukup efektif dan bisa digunakan secara gratis.

Silakan menuju situs web BitAccelerate, dan kemudian tempel Transaction ID (TX ID) pada kolom yang tersedia. Lalu lanjutkan menekan tombol Accelerate dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Menulsikan TX ID dan Menekan Tombol Accelerate

Setelah selesai, akan muncul notifikasi hijau yang menandakan transaksi berhasil di broadcast.

Broadcast Pada BitAccelerate Telah Berhasil

Berapa Lama Transaksi Bitcoin Ter-Konfirmasi?

Setelah melakukan langkah diatas, kamu dapat menunggu sekiranya 5 sampai 10 menit dan sambil me-refresh statusnya di blockchain untuk mengetahui berapa konfirmasi yang didapatkan.

Transaksi Bitcoin yang Belum Terkonfirmasi

Setelah menunggu sekiranya 10 menit, pasti akan mendapatkan 1 konfirmasi dan itu akan terus bertambah.

Transaksi Bitcoin yang Sudah Terkonfirmasi

Baca juga: Tutorial Membayar dengan Bitcoin di CoinPayments

Sudah Mendapat Konfirmasi Tapi Transaksi Belum Berhasil?

Di beberapa situs web yang menyediakan alat pembayaran Bitcoin tentunya memiliki peraturan sendiri untuk menentukan jumlah konfirmasi yang dibutuhkan untuk menganggap transaksinya berhasil. Kurang lebihnya 2 sampai 3 konfirmasi yang diperlukan.

Dan untuk mendapatkan 2 hingga 3 konfirmasi itu membutuhkan waktu setidaknya 30 menit, dan tak ada cara lain kecuali menunggu. Jadi bersabarlah.

Mereka menerapkan hal tersebut untuk membuat kamu menunggu dengan alasan keamanan. Walau memang benar jaringan Bitcoin kini sangat mustahil untuk diserang, tapi menunggu 2 atau 3 konfirmasi lebih baik dibandingkan menunggu 8 atau 10 konfirmasi layaknya proses pembayaran cryptocurrency yang lain.

Kesimpulan

BitAccelerate memang dapat membuat transaksi Bitcoin lebih cepat mendapatkan block. Tapi ini tetap tidak bisa dipakai untuk meningkatkan proses konfirmasi. Sangat cocok digunakan apabila kamu sudah menunggu waktu lama dan transaksi belum kunjung ter-konfirmasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment