≡ Menu

Menyesuaikan Kecepatan Subtitle pada VLC Player

Menyesuaikan Kecepatan Subtitle pada VLC Player

Bagi kamu yang suka menonton film luar negri, tentunya subtitle adalah sesuatu yang diperlukan sebagai pelengkap, supaya mengerti alur cerita film tersebut lebih baik. Adapun kalanya subtitle yang kamu miliki waktunya tidak tepat dengan keluaran suara, yang mana itu akan sedikit menganggu suasana menonton.

Masalah subtitle yang tidak selaras atau istilahnya timingnya tidak pas sebenarnya dapat diatasi dengan mengedit file subtitle tersebut. Akan tetapi ada cara yang lebih mudah, dimana kamu tidak perlu mengedit lagi dan hanya mengandalkan video player saja.

Dengan VLC Player, kamu bisa mempercepat ataupun memperlambat subtitle dengan cara yang praktis. Dengan begitu, sensasi menonton film takkan terganggu hanya akibat subtitlenya yang kurang pas.

Cara Percepat atau Perlambat Subtitle di VLC

Sebenarnya ini hanya membutuhkan shortcut saja dan kamu bisa mempercepat ataupun memplambat waktu subtitle dengan minimal 50ms. Berikut ini tombol shortcut tersebut.

  • G – Mempercepat subtitle
  • H – Memperlambat subtitle
Mengatur Kecepatan Subtitle dengan Tombol Shortcut

Jadi sebagai contoh apabila subtitle yang kamu gunakan mengalami delay selama satu detik, berarti kamu harus mempercepatnya sampai 1000ms supaya selaras.

Baca juga: Kumpulan Shortcut VLC Player Lengkap

Adapun cara manual yang bisa dilakukan ketimbang menggunakan tombol shortcut. Silakan menuju menu Tools > Effects and Filters, dan kemudian klik tab Synchronization. Setelah itu kamu bisa menyesuaikan kecepatan subtitle pada bagian Subtitle Track Synchronization.

Menyesuaikan Kecepatan Subtitle Secara Manual

Jika menurut Saya, pastinya memakai tombol shortcut jauh lebih praktis ketimbang mengaturnya manual. Karena bisa langsung membedakan hasilnya layaknya sedang mengedit subtitle itu sendiri. Sedangkan cara manual mungkin lebih ditujukan bagi seseorang yang membutuhkan untuk menyesuaikan waktu yang tak terbataskan dari lipatan 50ms.

Jadi kini kamu telah mempelajari bagaimana cara menyesuaikan kecepatan subtitle pada VLC Player. Jika misalnya kamu memiliki kendala terhadap penyesuaian waktunya, silakan untuk berkomentar untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment