≡ Menu

Cara Menggunakan Linux Screen untuk Multitasking

Cara Menggunakan Linux Screen untuk Multitasking

Pernahkah kamu mengalami situasi dimana ketika menjalankan suatu perintah jangka lama melalui SSH seperti meng-instal sesuatu layaknya desktop, lalu tiba-tiba koneksi internet pada komputer mati dan secara otomatis perintah tadi tidak akan terselesaikan.

Tentunya kejadian sejenis itu akan membuat pikiran menjadi pusing, namun ketahuilah bahwa ada cara untuk menjalankan perintah tersebut supaya terus berjalan tanpa terganggu koneksi internet pada client lagi. Yaitu memanfaatkan perintah screen pada Linux.

Screen atau GNU Screen adalah terminal multiplexer. Atau dengan kata lain, kamu bisa menjalankan perintah pada Linux lebih dari 1 sesi (multitasking). Proses yang berjalan pada Screen akan terus berjalan bahkan meski koneksi client terputus dan sesi tersebut masih dapat di lanjutkan lagi.

Bagaimana Cara Menginstal Linux Screen?

Untuk kebanyakan OS Linux seperti Ubuntu dan Debian, Screen telah terpasang secara default sehingga tidak perlu untuk menginstalnya lagi. Dan untuk mengetahui apakah Screen telah terpasang, cukup mengetik perintah screen --version dan nantinya akan tampil versi Screen saat ini.

Namun jika ternyata Screen masih belum terpasang, silakan instal terlebih dahulu dengan perintah berikut ini:

Ubuntu & Debian

sudo apt install screen

CentOS & Fedora

sudo yum install screen

Cara Menjalankan Linux Screen

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan Linux Screen, Yaitu yang paling sederhana, langsung dengan perintah ini:

screen

Sementara itu, cara kedua juga terbilang sederhana, hanya saja kamu bisa memberi nama terhadap sesi tersebut, berikut perintahnya:

screen -S namasesi

Cukup ubah “namasesi” sesuai yang diinginkan untuk mengenali sesi tersebut. Dan setelah sesi baru telah dibuat, kamu bisa mendapatkan keseluruhan perintah yang dapat diguankan dengan menekan tombol CTRL+A+? pada keyboard

Melepas dari Sesi Screen

Melepas atau melakukan Detach tidak akan menganggu tugas yang sedang berjalan pada sesi tersebut. Dan untuk melepaskannya, cukup tekan tombol berikut ini pada keyboard:

CTRL+A+D

Intinya, ini tidak akan mengakhiri sesi yang sedang berjalan, dan hanya melepaskannya saja.

Baca juga: Menjalankan Perintah di Beberapa Server Linux Secara Bersamaan

Melanjutkan Sesi Screen

Setelah melepaskan sesi, kamu masih bisa melanjutkan lagi untuk melihat tugas yang berjalan pada sesi tersebut. Caranya cukup menggunakan perintah berikut ini:

screen -r

Namun jika kamu memiliki banyak sesi yang berjalan, tentu perintah diatas tidak akan berfungsi. Dan yang harus dilakukan adalah melihat semua sesi yang berjalan pada linux screen, dengan perintah berikut:

screen -ls

Dan hasilnya akan seperti ini:

There are screens on:
    7699.pts-0.blogsecond-desktop   (Detached)
    8300.pts-0.namasesi-desktop   (Detached)
2 Sockets in /run/screens/S-blogsecond.

Jika kamu ingin melanjutkan sesi 7699.pts-0, cukup pakai perintah dibawah ini:

screen -r 7699

Cara Termudah Menggunakan Linux Screen

Jika cara diatas masih terlihat sulit untuk dilakukan, berikut ini tata cara paling termudah untuk menggunakan Linux Screen:

  1. Pada Terminal/SSH, ketik perintah screen
  2. Sekarang jalankan perintah apapun yang diinginkan, misalnya meng-instal suatu program.
  3. Lepaskan sesi dengan menekan tombol CTRL+A+D pada keyboard.
  4. Untuk mengecek kembali tugasnya sudah selesai atau belum, cukup mengetik perintah screen -r

Bukan cara yang sulit kan? Dan ini sangat cocok bagi kamu yang sering menjalankan suatu tugas yang memerlukan waktu yang lama untuk selesai, seperti contohnya memasang ubuntu-desktop atau mengunduh suatu berkas melalui wget.

Sementara itu masih ada banyak hal lagi yang bisa dipelajari terhadap Screen, dan semua itu bisa dilihat pada halaman Panduan GNU Screen. Apabila sekiranya ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment